Kompas TV cerita ramadan cerita

Kisah Nyata, Jenazah Baca Al-Qur an di Kuburan

Selasa, 12 April 2022 | 07:09 WIB
kisah-nyata-jenazah-baca-al-qur-an-di-kuburan
Ilustrasi Alquran. Di bawah ini merupakan kisah jenazah bisa baca Al-Quran (Sumber: freepik)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kisah nyata jenazah bisa baca Al-Qur’an ini terdapa pada masa zaman Rasulullah SAW. Bagaimana ceritanya?

Di masa Rasulullah, ada jenazah dari golongan waliyullah yang membaca Al-Qur’an di dalam kuburnya. Kisah ini sampai membuat para sahabat terheran.

Kisah jenazah baca Al- Qur’an ini sendiri terdapat dalam banyak riwayat hadis sahih sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Hakim, Imam Baihaqi dan Imam Tirmidzi.

Dikisahkan, suatu hari para sahabat Nabi sedang bepergian. Mereka pun mendirikan sebuah kemah di sebuah tanah lapang.

Di tanah lapang itu awalnya seperti halnya tanah lain yang tidak berpenghuni dan bisa digunakan untuk beristirahat para sahabat. Namun keanehan pun terjadi.

Sayup-sayup, para sahabat ini mendengar ada suara merdu dari Al-Qur’an. Para sahabat pun mencari-cari, dari mana muasal suara tersebut.

Ternyata, datangnya suara Al-Qur’an dari dari tanah lapang yang mereka duduki dan jadikan tempat berkemah itu.

Sontak, para sahabat pun terkaget.

Ternyata, mereka tidak menyadari bahwa tanah itu dulunya merupakan kuburan. Kuburan itu sudah lama dan akhirnya tertumpuk dengan tanah dan pasir hingga tempatnya pun sudah ketahuan dulunya merupakan kuburan.  

Para sahabat pada malam itu masih saja mendengar lantunan Al-Qur'an. Suara tersebut masih saja terdengar hingga bacaan surah Al-Mulk selesai.

Baca Juga: Cerita Keajaiban Al-Qur’an, Muncul Mata Air Deras dari Tanah Kering

Mengadu ke Rasulullah

Para sahabat itu pun kembali dari perjalanan. Setelah kembali, mereka mendatangi Rasulullah Saw dan menceritakan kejadian tersebut.

Dalam kesempatan itu, Rasulullah Saw pun mendengarkan dengan seksama cerita para sahabat Nabi dan kebingunan mereka.

Lantas, beliau pun bersabda tentang sosok jenazah baca Al-Qur'an itu dan membenarkannya. Bahkan menyebut, salah satu khasiat dari membaca surat Al-Qur'an tersebut. 

Sabda Nabi Muhammad: Ia (surat Al-Mulk) adalah penghalang, ia adalah penyelamat yang dapat menyelamatkannya dari azab kubur.” (HR Imam Tirmidzi)

Dikisahkan juga, ternyata makam itu adalah miliki seorang ulama dan waliyullah yang semasa hidupnya berbuat kebaikan dan untuk itulah, suara Al-Qur'an itu terdengar. 

Lewat kisah dan hadis di atas pula, kita diberi tahu Nabi Muhammad bahwa surat Al-Mulk memiliki keutamaan, jika sering dibaca maka bisa menyelamatkan dari azab kubur. 

Surah Al-Mulk adalah surah ke-67 dalam Al-Qur'an. Surah ini tergolong surat Makkiyah, terdiri atas 30 ayat. Dinamakan Al Mulk yang berarti Kerajaan diambil dari kata Al Mulk yang terdapat pada ayat pertama surat in.

Begitulah kisah jenazah baca Al-Qur'an yang benar-benar terjadi pada zaman Rasulullah. Wallahu a'lam.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x