Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri Beri Instruksi Jajarannya: Jangan Ada Penyusup yang Ganggu Demonstrasi Mahasiswa

Kompas.tv - 11 April 2022, 13:54 WIB
kapolri-beri-instruksi-jajarannya-jangan-ada-penyusup-yang-ganggu-demonstrasi-mahasiswa
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, telah mengerahkan personelnya untuk mengawal dan mengamankan agar proses unjuk rasa yang dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berjalan tanpa ada penyusup atau penumpang gelap.

Keterangan itu disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait aksi BEM SI, Senin (11/4/2022).

“Kita sudah tugaskan seluruh anggota untuk mengawal dan mengamankan agar proses demo bisa berjalan dengan aman, dengan damai, dengan tertib dan kemudian aspirasi dari temen-temen mahasiswa juga bisa tersampaikan,” kata Kaporli Sigit.

“Dan ini menjadi sangat penting karena memang mahasiswa sebagai pengawal demokrasi selalu bersuara kritis tentunya harus kita jaga, yang kita harus dihindari tentunya adalah jangan sampai ada penumpang atau penyusup yang kemudian mengganggu proses dari kegiatan yang ingin dilakukan oleh teman-teman mahasiswa,” tambahnya.

Baca Juga: Fadil Imran: Polda Metro dan Kodam Jaya Siap Hadapi Pelanggar Hukum di Demo BEM SI

Sehingga, kata Kapolri Sigit, teman-teman mahasiswa betul-betul bisa satu suara dan menyuarakan apa yang menjadi aspirasi mahasiswa.

“Dan tidak ada tumpangan-tumpangan dari penumpang yang ingin memanfaatkan teman-teman mahasiswa, ini yang kita jaga dan kita lihat Alhamdulillah mudah-mudahan semuanya berjalan kondusif dan Polri pasti akan memberikan pelayanan yang terbaik,” ujar Kapolri Sigit.

“Agar proses demo dari teman-teman mahasiswa berjalan aman lancar aspirasinya terus tersampaikan dan tentunya para pemangku kebijakan, pemerintah dalam hal ini akan mendengarkan dan tentunya kita harapkan bisa menindaklanjuti apa yang diharapkan oleh teman-teman mahasiswa,” tambahnya.

Dikonfirmasi perihal sejumlah orang yang ditangkap dalam aksi BEM hari ini, Kapolri Sigit membenarkan personelnya telah mengamankan sejumlah orang, lantaran terbukti membawa senjata tajam dalam aksi BEM SI.

Baca Juga: 6.826 Personel TNI dan Polri Kawal Aksi di DPR dan Sekitar Istana

Namun, Kapolri Sigit menambahkan, jajaran masih mendalami dari elemen apa orang yang membawa senjata tajam dalam aksi BEM SI hari ini.

“Ya tadi ada beberapa yang diamankan dari beberapa wilayah sekitar Jawa Barat dan sebagainya, ada yang bawa sajam, saat ini sudah kita amankan,” ucapnya.

“Tentunya kita kan ingin mengamankan agar demo mahasiswa ini bisa berjalan dengan baik, tidak ada yang menyusup. Jadi tugas kami menjaga agar penyusup-penyusup itu bisa kita amankan,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x