Kompas TV nasional gaya hidup

Pehobi Fotografi Perlu Tahu, Ini Syarat dan Aturan Memotret di Area Stasiun Kereta Api

Kompas.tv - 11 April 2022, 12:15 WIB
pehobi-fotografi-perlu-tahu-ini-syarat-dan-aturan-memotret-di-area-stasiun-kereta-api
Ilustrasi: pegawai kereta api tengah bertugas di stasiun. (Sumber: PT KAI)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Memotret kegiatan dan area stasiun kereta api harus memenuhi sejumlah aturan yang ditentukan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Untuk sebagian orang, memotret di area stasiun maupun kegiatan di dalamnya merupakan hal yang menyenangkan.

Namun, ternyata ada aturan yang harus ditaati. PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) menyatakan tidak ada larangan jika penumpang ingin mengambil gambar baik foto maupun video di area stasiun.

Menurut Kepala Humas (Kahumas) PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, ada peraturan yang harus diketahui dan dihormati oleh masyarakat maupun penumpang selama berada di area stasiun kereta.

Baca Juga: KAI Gunakan Aturan Khusus Keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh Sebagai Antisipasi Demo

"Penumpang dipersilakan mengambil gambar di area stasiun jika perangkat yang digunakan masih sesuai dengan ketentuan," ujar Eva, dikutip dari Tribunnews.com, Minggu (10/4/2022).

Perangkat yang dimaksud dengan sesuai ketentuan berupa kamera ponsel (handphone) hingga kamera mirrorless tanpa lensa profesional tambahan. 

"Jadi kalau penumpang mengambil gambar pakai handphone, kamera mirrorless segala macam enggak masalah, enggak pernah ada masalah," ujarnya menerangkan.

Tetapi, jika dalam pengambilan gambar atau video sudah menggunakan peralatan tambahan seperti tripod, lampu, dan lensa tambahan, maka yang bersangkutan harus meminta izin terlebih dahulu.

"Tapi kalau misalkan sekedar penumpang selfie atau penumpang nge-vlog kayak gitu, enggak masalah," ujar Eva.



Sumber : Kompas TV/berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.