Kompas TV nasional peristiwa

Perubahan Lokasi Demo, Aliansi BEM SI Akan Geruduk DPR Pukul 10.00 Pagi

Kompas.tv - 11 April 2022, 05:29 WIB
perubahan-lokasi-demo-aliansi-bem-si-akan-geruduk-dpr-pukul-10-00-pagi
Aliansi BEM SI pindahkan lokasi demo di kompleks gedung DPR RI pada 11 April 2022. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) sepakat memindahkan lokasi demo ke Kompleks Gedung DPR/MPR RI yang akan dilaksanakan hari ini, Senin (11/4/2022). Sebelumnya mereka berencana demo di kawasan Istana Negara.

Hal itu diumumkan oleh BEM SI melalui media sosial Instagram pada Minggu (10/4/2022) malam.

Rencananya, demo BEM SI di gedung DPR itu akan dimulai pukul 10.00 WIB.

"[GERUDUK RUMAH RAKYAT] Aliansi BEM Seluruh Indonesia kembali akan menggelar aksi masa yang dilaksanakan pada: Senin, 11 April 2022, pukul: 10.00-menang, lokasi: DPR RI," tulis akun BEM SI.

Baca Juga: Demo Mahasiswa 11 April, Sekjen PDIP: Jangan Sampai Seperti Lagu Ayu Ting Ting, Salah Alamat

Alasan BEM SI pindah lokasi demo.

Koordinator Media BEM SI Luthfi Yusfrizal mengatakan alasan pemindahan lokasi unjuk rasa karena ingin memastikan DPR melaksanakan konstitusi dengan baik.

Sementara itu, Koordinator Pusat Aliansi BEM SI Kaharuddin menjelaskan bahwa pemilihan tempat demo ke rumah rakyat atau Gedung DPR RI memang memiliki tujuan.

Tujuan tersebut antara lain untuk menyampaikan aspirasi dan memberikan peringatan kepada wakil rakyat terkait dengan berbagai permasalahan yang ada.

Terlebih, isu penundaan pemilu seringkali terdengar di telinga rakyat beberapa waktu terakhir.

"Isu penundaan pemilu telah menjadi perbincangan di kalangan politik hingga masyarakat sekitar. Berbagai pendapat mengenai isu tersebut menjadi polemik yang tak kunjung mereda," ujar Kaharuddin, melansir Antara.

Baca Juga: Kawal Demo Mahasiswa 11 April, Wakapolda Jabar Instruksikan Personel Tak Bawa Senjata Api

BEM SI sebelumnya mengagendakan aksi demo di sekitaran Patung Kuda Arjuna Wijaya, Kompleks Monumen Nasional, Jakarta. Adapun salah satu tuntutan mereka mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk tegas menolak penundaan Pemilu 2024 dan wacana masa jabatan tiga periode.

Jokowi tetapkan tanggal Pemilu

Presiden RI Jokowi menegaskan bahwa pelaksanakaan Pemilu telah ditetapkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Negara dalam rapat terbatas kabinet di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu (10/4/2022).

"Saya minta disampaikan kepada masyarakat bahwa seluruh tahapan dan jadwal pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak itu sudah ditetapkan. Saya kira sudah jelas, semuanya sudah tahu bahwa pemilu akan dilaksanakan 14 Februari 2024," kata Jokowi, dikutip dari video yang diunggah kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan penetapan tanggal Pemilu 2024 tersebut, Jokowi berharap spekulasi tiga periode atau perpanjangan jabatan tidak lagi merisaukan masyakarakat.

"Ini perlu dijelaskan. Jangan sampai nanti muncul spekulasi-spekulasi, yang isunya beredar di masyarakat bahwa pemerintah tengah berupaya untuk melakukan penundaan pemilu atau spekulasi mengenai perpanjangan jabatan presiden dan juga yang berkaitan dengan soal tiga periode," ujar Jokowi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.