Kompas TV video vod

Jadi Salah Satu Cagar Budaya Religi, Masjid Hunto Sultan Amay Simpan Sejarah Islam di Gorontalo

Sabtu, 9 April 2022 | 16:01 WIB
Penulis : Edwin Zhan

GORONTALO, KOMPAS.TV - Di Kota Gorontalo, terdapat masjid tua yang menyimpan sejarah.

Selain merupakan masjid pertama dan saksi perkembangan Islam di Gorontalo, masjid ini merupakan mahar seorang raja terhadap sang istri kala itu.

Jika Anda berkunjung ke Gorontalo, sempatkanlah mampir ke Masjid Hunto Sultan Amay yang terletak di Kelurahan Biawu, Kecamatan Kota Selatan.

Di usianya yang sudah ratusan tahun, bangunan masjid masih kokoh berdiri.

Dari catatan sejarah, masjid dibangun Raja Sultan Amay sebagai mahar saat menikahi Putri Boki Antungo, anak Raja Palasa, Sulawesi Tengah tahun 1495.

Kala itu, belum ada satupun masjid di Gorontalo dan Raja Sultan Amay menjadi salah satu raja pertama yang memeluk Islam saat itu.

Pemberian nama Hunto sendiri, merupakan singkatan dari Ilo Huntungo, yang berarti perkumpulan atau basis Islam zaman itu.

Beberapa barang peninggalan masjid dari masa lampau, ada yang masih dimanfaatkan hingga saat ini; seperti mimbar dan beduk.

Ada juga sumur tua di samping masjid berdekatan dengan tempat wudu yang masih dipakai warga setempat untuk mandi dan cuci.

Sumur dengan diameter lebih dari satu meter dan kedalaman mencapai tujuh meter ini terbuat dari kapur dan putih telur maleo.

Atas tingginya nilai sejarah,  saat ini Masjid Hunto Sultan Amay telah menjadi salah satu Cagar Budaya Religi di Provinsi Gorontalo, yang juga menjadi Pusat Tablig dan Dakwah.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x