Kompas TV cerita ramadan kesehatan

4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Puasa, Salah Satunya Bahaya Melewatkan Sahur

Kompas.tv - 9 April 2022, 11:10 WIB
4-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-puasa-salah-satunya-bahaya-melewatkan-sahur
Ilustrasi tidak sahur karena memilih tidur. (Sumber: bavorndej)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat puasa agar tubuh tetap sehat dan tak mudah terserang penyakit.

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Oleh karenanya, tubuh rentan mengalami dehidrasi apabila asupan nutrisi dan pola hidup tidak dijaga dengan baik.

Pola hidup yang tidak baik saat menjalani puasa bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, mulai dari sakit kepala karena pola tidur yang tidak diatur, sampai gangguan pencernaan karena kekurangan nutrisi.

Baca Juga: Apakah Mengupil Membatalkan Puasa? Simak Penjelasan Ulama

Singapore General Hospital melalui laman healthxchange.sg memberikan tips puasa dan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berpuasa.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Puasa

1. Jangan lewatkan sahur

Sahur merupakan hal yang penting dilakukan saat puasa karena memberikan energi bagi tubuh untuk menjalani puasa selama seharian. Selain sunah Rasul, sahur mampu membuat tubuh terhidrasi selama puasa.

Melewatkan sahur untuk tidur yang lebih panjang memang terdengar menarik, namun hal ini berarti Anda harus memperpanjang waktu puasa Anda.

Padahal, tubuh membutuhkan energi untuk beraktivitas di siang hari. Hal ini dapat memicu dehidrasi karena jam puasa yang lebih lama akibat melewatkan sahur.

Di sisi lain, sahur memicu seseorang untuk makan berlebih saat buka puasa yang berakhir pada kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Baca Juga: Jika Lupa Niat, Apakah Puasa Tetap Sah? Ini Penjelasan Beserta Hadisnya

2. Jangan makan berlebih saat berbuka puasa

Berkaitan dengan poin sebelumnya, makan berlebih saat berbuka puasa ternyata berbahaya bagi tubuh. Terlebih saat makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang tinggi lemak. Bukannya sehat, malah berat badan naik di akhir Ramadan.

3. Hindari makanan berlemak, tinggi garam, dan tinggi gula

Mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi garam serta gula dapat menimbulkan kelesuan dan kelelahan saat berpuasa. Makanan jenis ini juga membuat Anda cepat haus.

Sebagai gantinya, cukup konsumsi makanan yang tinggi serat dan memilih sumber karbohidrat kompleks agar merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat sedang Berpuasa? Simak Penjelasannya

4. Perbanyak air putih

Terakhir dan terpenting adalah memperbanyak konsumsi air putih saat berbuka puasa hingga sahur. Minum air putih yang cukup juga mengurangi risiko dehidrasi di siang hari. Minumlah minimal delapan gelas air setiap hari.



Sumber : healthxchange.sg


BERITA LAINNYA



Close Ads x