Kompas TV internasional kompas dunia

Umat Muslim Palestina Berbuka Puasa Meriah dan Salat Magrib di Kompleks Masjid Al Aqsa Yerusalem

Kompas.tv - 8 April 2022, 23:07 WIB
umat-muslim-palestina-berbuka-puasa-meriah-dan-salat-magrib-di-kompleks-masjid-al-aqsa-yerusalem
Kaum perempuan dan ibu Palestina berdoa selama bulan suci Ramadan di Masjid Al-Aqsa, depan kuil Dome of the Rock di kota tua Yerusalem, Jumat (8/4/2022). (Sumber: AP Photo/Mahmoud Illean)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Umat muslim pada Jumat (8/4/2022) berkumpul di dekat Kubah Batu Emas atau Qubbat al-Makhrah di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem untuk menikmati suasana berbuka puasa yang meriah, serta salat Magrib di bulan Ramadan.

Melansir Associated Press, warga Palestina dan umat muslim di sana berharap situasi akan tetap tenang selama bulan Ramadan.

Namun, ketegangan meningkat setelah empat serangan mematikan di Israel oleh warga Palestina dalam tiga minggu terakhir.

Selama minggu pertama Ramadan, keluarga muslim berkumpul untuk mengadakan iftar atau buka puasa bersama di halaman Kubah Batu Emas kompleks Masjid Al-Aqsa.

Ibrahim al-Hroub, warga Betlehem yang berada di dalam Masjid Al-Aqsa mengatakan, “Kami datang untuk menikmati semangat Ramadan, menikmati malam Ramadan, berbuka puasa bersama keluarga di sini dan untuk salat Magrib dan salat Isya, dan semoga tarawih juga."

Umat Muslim menjalani bulan Ramadan selama sebulan penuh beribadah dan berpuasa sejak subuh hingga magrib. Saat matahari terbenam, umat muslim berbuka puasa, baik saat bekerja maupun bersama keluarga, dan melaksanakan salat tarawih di malam hari.

Baca Juga: Israel Akan Izinkan Perempuan, Anak dan Laki-laki Palestina Salat di Masjid Al Aqsa

Umat muslim pada Kamis (8/4/2022) berkumpul di dekat Kubah Batu Emas atau Qubbat al-Makhrah di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem untuk menikmati suasana berbuka puasa yang meriah, serta salat magrib di bulan Ramadan. (Sumber: AP Photo/Mahmoud Illean)

Ketegangan meningkat setelah serangkaian serangan oleh penyerang Palestina menewaskan 13 orang. Namun, Israel dan otoritas Palestina serta negara-negara Arab berupaya agar Ramadan kali ini lebih tenang supaya seluruh pihak bisa beribadah dengan baik.

Israel mengizinkan perempuan, anak-anak dan laki-laki di atas 40 tahun dari Tepi Barat yang diduduki untuk berbuka puasa bersama dan melaksanakan ibadah di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur pada hari Jumat.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x