Kompas TV nasional hukum

Jaksa yang Dikenai Sanksi Gara-gara Selingkuh dengan Rekan Kerja Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK

Kompas.tv - 7 April 2022, 02:00 WIB
jaksa-yang-dikenai-sanksi-gara-gara-selingkuh-dengan-rekan-kerja-laporkan-albertina-ho-ke-dewas-kpk
Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) Albertina Ho saat membacakan hasil sidang etik yang memberikan sanksi ringan kepada dua pegawai yaitu Kepala Biro Keuangan KPK Arif Waluyo dan Mantan Kepala Plt Kebendaharaan Juliharto. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube KPK/Ninuk)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berinisial DW melaporkan Albertina Ho terkait adanya dugaan pelanggaran etik ke Dewan Pengawas atau Dewas KPK.

Laporan itu dilayangkan DW tak lama setelah ia dikenai sanksi oleh Dewas KPK gara-gara melakukan pelanggaran etik atas kasus perselingkuhan.

Baca Juga: Pegawai KPK Dikenai Sanksi karena Terbukti Selingkuh dengan Rekan Kerjanya

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris membenarkan adanya laporan dugaan pelanggaran etik terhadap Albertina Ho tersebut.

Syamsuddin menuturkan, pelapor Albertina Ho tak lain adalah jaksa yang telah disanksi karena berselingkuh dengan rekan kerjanya berinisial SK.

"Terkait pengaduan terhadap bu AH (Alberina Ho), memang benar ada pengaduan. Seperti pengaduan etik lainnya, laporan tersebut sedang dipelajari dan didalami oleh Dewas," kata Syamsudin dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga: KPK Sebut Rahmat Effendi Tarik Uang dari Para Camat dan ASN Kota Bekasi untuk Bikin Glamping Pribadi

"Bu AH dilaporkan oleh DWLS, seorang jaksa KPK yang sudah diberi sanksi dalam sidang etik Dewas karena terbukti melakukan perbuatan asusila atau perselingkuhan dengan pegawai KPK lainnya," katanya.

Syamsudin mengatakan, usai terbukti melakukan pelanggaran etik tersebut, jaksa DW kini sedang dalam proses penarikan oleh instansi asalnya, Kejaksaan Agung.

Meskipun demikian, Syamsuddin memastikan semua laporan yang masuk terkait pengaduan dugaan pelanggaran kode etik terhadap insan KPK, baik pimpinan, pegawai, maupun anggota Dewas KPK, akan ditindakpanjuti.

Baca Juga: KPK: Ganjar Satu-satunya Kepala Daerah yang Berani Tegas Instruksikan Bawahannya Jangan Korupsi

Syamsuddin mengatakan, laporan tersebut saat ini sedang dipelajari dan ditelaah terlebih dahulu oleh Dewas sesuai prosedur operasi standar baku (SOP) yang berlaku.

"Apakah benar ada indikasi dugaan pelanggaran kode etik atau tidak. Dewas perlu waktu untuk mengumpulkan informasi dan keterangan," ujar Syamsudin.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x