Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Uni Eropa Larang Impor Batu Bara Rusia Jadi Rezeki Nomplok Indonesia, Australia dan Afrika Selatan

Kompas.tv - 6 April 2022, 21:59 WIB
uni-eropa-larang-impor-batu-bara-rusia-jadi-rezeki-nomplok-indonesia-australia-dan-afrika-selatan
Tambang batu bara terbuka Krasnogorsky di Mezhdurechensk, Rusia. Uni Eropa hari Rabu, (6/4/2022) akan melarang impor batu bara Rusia. Larangan ini mengarah ke perebutan gila-gilaan batu bara global, rezeki nomplok Indonesia, Australia dan Aftika Selatan (Sumber: Bloomberg via Japan Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

LONDON/STOCKHOLM, KOMPAS.TV - Eropa melakukan pertaruhan besar saat mereka berupaya melarang impor batu bara Rusia. Pasalnya, larangan impor batu bara itu berpotensi membuat Uni Eropa rentan terhadap kekurangan energi dan pemadaman bergilir, sementara seluruh dunia menghadapi lonjakan harga.

Bloomberg melaporkan pada Rabu (6/4/2022), Rusia adalah pemasok batu bara termal terbesar Eropa untuk bahan bakar pembangkit listrik. Saat Uni Eropa bergabung dengan Amerika Serikat (AS) mengambil sikap yang lebih keras terhadap serangan Rusia atas Ukraina, Eropa menyusun rencana untuk menghentikan pengiriman batu bara dari Rusia.

Masalahnya, tidak ada alternatif yang jelas untuk perdagangan besar itu. Sementara, hasilnya tampaknya akan mengarah pada efek domino yang menciptakan perebutan bahan bakar global yang gila-gilaan.

Harga melonjak di pasar yang telah ketat selama berbulan-bulan. Harga batu bara Eropa melonjak 14 persen ke level tertinggi selama tiga minggu pada Selasa (5/4/2022). Ini terjadi menyusul berita tentang larangan yang diusulkan, dengan kontrak berjangka berlipat ganda sejak awal tahun.

Patokan Asia mencapai level tertinggi sepanjang masa pada bulan Maret. Sementara di AS, harga batu bara mencapai 100 dolar AS per ton minggu lalu, untuk pertama kalinya dalam 13 tahun.

"Sanksi yang diusulkan akan menghancurkan impor batu bara Eropa," kata Fabian Ronningen, analis konsultan Norwegia Rystad Energy. “Beberapa batu bara dapat dipasok dari pasar lain, tetapi secara umum, pasar batu bara global juga sangat ketat.”

Sekarang, pembeli Eropa harus mencari di tempat lain, merentangkan pasokan dari negara-negara jauh seperti Afrika Selatan, Australia, dan Indonesia, di mana kualitasnya bervariasi.

Penambang di Indonesia, pengirim batu bara terbesar dunia untuk pembangkit listrik, telah didekati oleh beberapa pembeli potensial dari negara-negara Eropa. Ini termasuk Italia, Spanyol, Polandia, dan Jerman, kata Hendra Sinadia, direktur eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia.

Baca Juga: Uni Eropa Siapkan Sanksi Baru Berupa Larangan Impor Batu Bara Rusia

Truk batu bara bermuatan melewati truk kosong di tambang batu bara Kedrovsky di Kemerovo, Rusia, Selasa, 16 Juni 2015. (Sumber: AP Photo/Phelan M. Ebenhack, File)

Bukan hanya persediaan yang terbatas. Ada juga komplikasi logistik ketika harus segera beralih ke sumber baru. Kedekatan Rusia dengan Eropa lama menjadi salah satu keuntungan di pasar yang bergantung pada pengiriman kargo berat yang memakan waktu berhari-hari.

Prospek meningkatnya permintaan pasokan selain Rusia mengirim saham perusahaan batu bara Australia melonjak tinggi pada Rabu (6/4).

"Batu bara Rusia jaraknya yang paling dekat, termurah dan di beberapa pasar seperti Jerman, punya spesifikasi yang paling sesuai, dalam hal kandungan panas dan belerang untuk memberi daya pada stasiun-stasiun pembangkin listrik Eropa," kata Jake Horslen, seorang analis di S&P Commodities Insights.

"Larangan Uni Eropa akan menimbulkan tantangan signifikan bagi pembeli yang perlu mencari alternatif," katanya.

Dalam jangka panjang, prospeknya tidak bagus untuk batu bara, yang merupakan bahan bakar fosil paling kotor. Tetapi saat ini, pasar sedang booming karena Eropa menghadapi krisis pasokan gas alam dan lonjakan konsumsi bahan bakar dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19

Emisi karbon global dari sektor listrik melonjak ke rekor tahun lalu, sebagian didorong oleh lebih banyak pembakaran batu bara, menurut lembaga think tank Ember.

Meningkatkan produksi batubara untuk memenuhi permintaan merupakan tantangan. Pasar dilanda gangguan suplai lewat perkeretaapian, wabah Covid-19, bahkan larangan ekspor sementara dari Indonesia, eksportir terbesar dunia.

"Gangguan pasokan batu bara Rusia hanyalah yang terbaru dalam gelombang masalah pasokan yang mengganggu pasar sejak awal tahun lalu," tulis analis Bank of America dalam sebuah catatan bulan ini.

Baca Juga: Zelensky Ungkap Sanksi ke Rusia Lemahkan Moskow, Tapi Minta yang Berikutnya Lebih Keras Lagi

Seorang ibu mendorong kereta bayi di depan pembangkit listrik tenaga batu bara (PLTB) Scholven milik Uniper, di Gelsenkirchen, Jerman, Senin, 28 Maret 2022.  (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)

Sanksi apa pun terhadap batu bara Rusia akan menekan pasokan Eropa yang sudah tegang. Batu bara yang disimpan di pelabuhan Amsterdam, Rotterdam dan Antwerpen tetap pada level terendah untuk musim ini setidaknya dalam enam tahun, menurut survei stok mingguan oleh Argus Media.

Eropa membeli dua jenis batu bara dari Rusia, yakni termal yang dibakar oleh pembangkit listrik, dan metalurgi yang digunakan dalam pembuatan baja.

Porsi Rusia dari impor batu bara termal Uni Eropa hampir 70 persen, dengan Jerman dan Polandia sangat bergantung pada batu bara Rusia.

Eropa semakin bergantung pada Rusia karena produksinya sendiri menurun. Pada tahun 2020, Eropa mendapat 57 juta ton batu bara termal dari Rusia, sebagian besar impor, menurut Badan Energi Internasional.

Perusahaan energi Jerman EnBW Energie Baden-Wuerttemberg mengatakan, bulan lalu mereka mulai mendiversifikasi pengadaan batu baranya untuk mengurangi ketergantungan pada Rusia dan peralihan penuh hanya akan mungkin dalam jangka menengah.

Perusahaan itu, yang mengandalkan Rusia untuk lebih dari 80 persen batu baranya tahun lalu, juga mengatakan pengadaan bahan bakar di negara-negara termasuk Australia dan Afrika Selatan akan lebih mahal.



Sumber : Bloomberg/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.