Kompas TV cerita ramadan panduan

Mimpi Basah Siang Hari Batalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

Kompas.tv - 6 April 2022, 10:30 WIB
mimpi-basah-siang-hari-batalkan-puasa-berikut-penjelasannya
Ilustrasi tidur dan mimpi basah. Bagaimana jika puasa? (Sumber: bavorndej)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Apakah mimpi basah pada siang hari di bulan Ramadan membatalkan puasa kita? Pertanyaan ini sering ditanyakan ketika bulan Ramadan tiba.

Menurut mayoritas ulama, khususnya mazhab Syafii yang banyak dianut umat muslim di Indonesia, mimpi basah tidaklah membatalkan puasa.

Dikutip dari Batalkah Puasa Saya? (Rumah Fiqih, 2019) Karya Muhammad Saiyid Mahadzir disebutkan soal mimpi basah ini dalam puasa Ramadan yang menurut para ulama tidak membatalkan puasa.   

Sandaran hukumnya adalah sabda Nabi Muhammad SAW tentang tiga hal yang tidak membatalka puasa. 

Sabda Nabi: Tiga hal yang tidak membuat batal orang yang berpuasa: Berbekam, muntah dan mimpi (hingga keluar mani). (HR. At-Tirmizi)

Hanya saja setelah bangun dari tidur untuk segera mandi wajib agar tetap bisa melaksanakan ibadah lainnya semisal salat, baca Al-Quran dan seterusnya. 

Namun, keluarnya sperma di siang hari selama puasa dapat membatalkan puasa, jika dilakukan secara disengaja. Jika karena tertidur lalu bermimpi sampai keluar sperma, puasa tidak batal.

Hal itu juga dalam hal bersetubuh di malam hari namun mandinya baru dilakukan sesudah Subuh, tidak membatalkan puasa.

Hal ini berdasarkan hadis Nabi. “Rasulullah saat subuh dalam keadaan junub setelah bersetubuh, bukan karena mimpi, beliau tidak membatalkan puasanya dan tidak meng-qadha’nya (HR Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Berdasarkan Hadis Nabi, Tiga Hal ini Baiknya Dijauhi saat Puasa Ramadan

Mimpi Basah dalam Pandangan Sains

Dilansir dari kompas.com mimpi basah pada dasarnya adalah hal normal, baik laki-laki maupun perempuan mengalami hal itu.

Mimpi basah adalah istilah orgasme yang terjadi tanpa disengaja saat seseorang sedang tidur dan bermimpi.

Mimpi yang terjadi saat mimpi basah tidak selalu berupa mimpi erotis, tapi juga bisa mimpi lainnya. Lantas, dari mana istilah mimpi basah yang populer di masyarakat? 

Istilah mimpi basah muncul karena seseorang terbangun dengan celana yang basah. Padahal, mimpi basah adalah sesuatu yang normal dan menjadi bagian dari kesehatan reproduksi.

Lantas, kenapa mimpi basah terjadi saat tidur?

Faktanya, seseorang bisa saja ejakulasi ketika mengalami mimpi erotis. Mimpi ini yang membangkitkan gairah saat tidur, tapi tidak semua mimpi basah terkait dengan mimpi yang erotis.

Hal yang perlu diketahui, tidak semua mimpi yang terjadi ketika mimpi basah terkait pengalaman di siang hari atau sebelumnya.

Banyak orang yang bangun dari mimpi basah tanpa bisa mengingat dengan pasti apa mimpinya. Hal ini justru yang paling terjadi.

Terkait frekuensi mimpi basah tiap orang juga berbeda. Satu hal yang pasti, kian berumur biasanya frekuensi juga berkurang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x