Kompas TV nasional hukum

YLBHI : Vonis Bebas Dosen Unri, Pengkianatan Terhadap Seluruh Korban Pelecehan Seksual

Selasa, 5 April 2022 | 13:33 WIB
ylbhi-vonis-bebas-dosen-unri-pengkianatan-terhadap-seluruh-korban-pelecehan-seksual
Lokasi sidang putusan Dekan FISIP Universitas Riau Syafri Harto terkait kasus pencabulan mahasiswi saat bimbingan skripsi (Sumber: Kompas TV/Sawino Ardi)

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS. TV – Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mengecam putusan Pengadilan Negeri Pekanbaru yang memvonis bebas dosen Universitas Riau yang menjadi terdakwa pelecehan seksual terhadap mahasiswi.

Menurut YLBHI vonis tersebut merupakan pengkhianatan terhadap korban-korban pelecehan seksual di lingkungan Pendidikan.

“Ini pukulan telak bagi kita semua. Apa yang diputuskan hakim adalah pengkhinatan terhadap korban dan juga korban-korban lainnya,” kata Pengacara YLBHI Meila Nurul Fajriah dalam konfrensi pers, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: Kemendikbud Ristek Tegaskan Kampus Harus Jadi Ruang Aman Tanpa Kekerasan Seksual

Dia mengkhawatirkan putusan di PN Pekanbaru tersebut dapat menjadi acuan ataupun pedoman bagi hakim-hakim lainnya dalam memutus kasus pelecehan dan kekerasan  seksual terutama di lingkungan Pendidikan.

“Satu putusan bisa jadi bahan acuan hakim-hakim lainnya yang memutus kasus yang sama,” ujar Meilia.

Meilia pun menyesalkan karena hakim di PN Pekanbaru tersebut tidak mengindahkan Peraturan MA (Perma) Nomor 3 tahun 2017, Tentang Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan dengan Hukum.

Baca Juga: LBH Pekanbaru Kecewa dengan Vonis Bebas Majelis Hakim kepada Terdakwa Pelecehan Seksual Dekan UNRI

Padahal menurut Meilia, Perma 3/2022 itu sudah cukup progresif dan berperspektif gender dalam menangani kasus-kasus pelecehan seksual terhadap perempuan.

Apalagi dia melihat dalam putusan tersebut majelis hakim tampak tidak mengindahkan relasi kuasa antara terduga pelaku dan korban. Di mana terduga pelaku merupakan sosok yang berpengaruh karena memiliki jabatan struktural yang penting di universitas.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x