Kompas TV regional berita daerah

Warga Lereng Semeru Arak Tumpeng Raksasa Sambut Ramadan

Kompas.tv - 5 April 2022, 12:27 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Umat muslim penyintas erupsi gunung semeru di Lumajang Jawa Timur mengarak tumpeng raksasa keliling desa. Selain menyambut datangnya bulan ramadhan, kegiatan itu sebagai bentuk rasa syukur, karena telah diselamatkan dari bencana erupsi gunung semeru.

Satu buah tumpeng raksasa berukuran 2 meter beserta 2 gunungan hasil bumi diarak dari lokasi pemandian alami tirtosari view Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Baca Juga: Shalat Tarawih di Tempat Pengungsian Erupsi Gunung Semeru

Warga yang mengarak berpakain unik mirip dengan tokoh drama kolosal mak lampir. Tak mau kalah, ibu-ibu beserta anaknya membawa kentongan sebagai alat musik pengiring khas ramadhan.

Setelah diarak keliling desa, tumpeng raksasa dan gunungan hasil bumi dibawa ke tempat pengungsian di lapangan Desa Penanggal. Usai membaca doa, gunungan hasil bumi diperebutkan. Sedangkan untuk tumpeng raksasa dimakan bersama di lokasi pengungsian erupsi gunung semeru.

Di tempat itu ada ratusan penyintas erupsi gunung semeru yang masih menunggu relokasi hunian. Ditargetkan, hari raya nanti, mereka sudah bisa menempati hunian baru di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro.

 

#Ramadan #TumpengRaksasa #Penyintas #ErupsiGunungSemeru #Lumajang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x