Kompas TV cerita ramadan kalam

Benarkah Arwah Bisa Gentayangan? Begini Penjelasan Ulama

Kompas.tv - 5 April 2022, 13:07 WIB
benarkah-arwah-bisa-gentayangan-begini-penjelasan-ulama
Benarkah ada setan atau arwah gentayangan? Begini penjelasan dari Ulama (Sumber: Rapi Films/Pengabdi Setan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada anggapan, arwah orang yang sudah meninggal bisa gentayangan atau bahkan bisa menganggu orang yang masih hidup seperti halnya dalam film-film horor. Bagaimana konsep arwah gentayangan ini menurut pandangan Islam?

Fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah memberikan penjelasan terkait hal ini sebagaimana dikutip dari Majalah Suara Muhammadiyah, No. 3, 2010 terkait fenomena arwah gentayangan dan bagaimana menangkal tersebut.

Ada beberapa hal yang harus disimak sebelum memahami soal fenomena arwah gentayangan ini.

Pertama, tentang alam, bahwa alam itu terbagi menjadi tiga, yaitu alam dunia, alam barzakh dan alam akhirat,” tulis fatwa tersebut.

Ketiga jenis alam itu memiliki status dan aturan sendiri. Alam dunia adalah refieksi dari jasad sedangkan ruh sebagai bagiannya, namun sebaliknya alam barzakh adalah refleksi dari ruh sedangkan jasad sebagai bagiannya.

Dan terakhir alam akhirat atau Dar al-Qarar. Ini merupakan alam setelah kebangkitan manusia dari kuburnya untuk mendapatkan balasan, di mana jasad dan ruh digabungkan kembali.

Kedua, kematian atau maut adalah berpisahnya ruh dengan jasad, dan ketika pemisahan tersebut terjadi, ruh berada di alam barzakh atau alam kubur. Ibarat perjalanan waktu, manusia yang sudah pindah ke alam lain itu tidak akan kembali ke alam semula. Ruh manusia yang sudah pindah ke alam barzakh juga tidak akan kembali ke alam dunia. 

Ketiga, barzakh secara bahasa berarti pembatas antara dua hal, dan di sini maksudnya pembatas antara alam dunia dengan alam akhirat.

Dengan demikian, ketika seorang meninggal (mati, berpisah jasad dari ruhnya), maka ia tidak akan kembali ke alam dunia alias tidak ada istilah ruh manusia atau arwah gentayangan itu.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Larang Menganggap Boneka Arwah Layaknya Manusia, Bertentangan dengan Agama dan Sains

Penjelasan terkait Arwah Gentayangan 

Dalam keterangan tersebut dijelaskan, ada beberapa pendapat tentang keberadaan ruh setelah meninggal hingga hari kiamat. Dari sekian banyak pendapat yang ada, tidak satu pun yang menerangkan bahwa ada ruh yang gentayangan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.