Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Detik-Detik Jatuhnya Pesawat Boeing 737 Maskapai China Eastern Airlines | News Or Hoax

Kompas.tv - 4 April 2022, 10:25 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar video yang diklaim sebagai detik-detik jatuhnya pesawat boeing 737, yang dioperasikan maskapai China eastern airlines. Dalam video itu terdengar suara teriakan penumpang, sebelum akhirnya pesawat terbalik dan jatuh.

Namun, berdasarkan penelusuran, narasi dalam video itu tidak benar atau hoaks. Itu bukan video dari rekaman asli, melainkan simulasi.

Pesawat boeing 737 yang dioperasikan maskapai China eastern airlines mengalami kecelakaan pada 21 maret 2022. Pesawat itu membawa 132 orang dan jatuh di wilayah selatan tiongkok. Namun video yang beredar bukanlah video detik-detik boeing 737 di tiongkok yang jatuh baru-baru ini.

Dilansir dari snopes, video tersebut merupakan rekayasa dan bukan berdasarkan rekaman kecelakaan nyata. Video dibuat menggunakan flight simulator x-plane 11. Selain itu, pada 13 maret 2019, akun youtube bull bosphorus mengunggah video simulasi kecelakaan pesawat boeing 737 yang dioperasikan maskapai Ethiopia airlines.

Pada keterangan video dijelaskan bahwa simulasi ini dibuat, berdasarkan tragedi kecelakaan pesawat yang terbang dari Ethiopia menuju Kenya. Pesawat yang membawa 157 orang itu mengalami kecelakaan pada 10 maret 2019. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x