Kompas TV regional berita daerah

Bus Listrik Jadi Bukti Kampus Biru di Yogyakarta Makin Hijau

Kompas.tv - 1 April 2022, 16:12 WIB
bus-listrik-jadi-bukti-kampus-biru-di-yogyakarta-makin-hijau
Bus listrik bernama Trans Gadjah Mada akan beroperasi di dua jalur, yaitu kawasan timur dan barat kampus UGM. (Sumber: dok Humas UGM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kampus Biru atau Universitas Gadjah Mada (UGM) membuktikan eksistensinya sebagai kampus hijau. Rektor UGM Panut Mulyono meluncurkan dua bus listrik untuk transportasi ramah lingkungan di kawasan kampus, Jumat (1/4/2022).

Bus listrik bernama Trans Gadjah Mada akan beroperasi di dua jalur, yaitu kawasan timur dan barat kampus UGM. Bus listrik akan berkeliling area kampus dan dilengkapi 35 halte.

Halte itu juga terintegrasi dengan jalur pedestrian, stasiun sepeda, kantong parkir, dan beberapa halter Trans Jogja. Rektor UGM menandai peluncuran bus listrik dengan menyiramkan air kendi ke kedua bus itu.

Baca Juga: Produksi Bus Listrik Untuk KTT G 20, PT INKA Libatkan 100 Mahasiswa

Bus listrik berkapasitas 20 penumpang ini beroperasi setiap Senin sampai Kamis mulai pukul 06.30 sampai 16.16  WIB. Bus listrik melewati halte setiap 60 menit sekali.

“Dua bus listrik ini sumbangan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang didukung juga oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan pengusaha Dato Sri Tahir,” ujar Panut Mulyono.

Pengadaan bus listrik sesuai dengan program UGM untuk menyediakan transportasi yang yang ramah lingkungan yang selalu memperhatikan isu perubahan iklim dengan mengurangi penggunaan transportasi dengan menggunakan energi fosil.

Menurut Panut, transportasi ramah lingkungan sangat penting karena ada perubahan iklim akibat penggunaan energi fosil. Bus listrik ini juga sebagai cara memperkenalkan kepada mahasiswa tentang pentingnya penggunaan energi baru terbarukan (EBT).

Sementara, Direktur Aset Universitas Gadjah Mada Djoko Sulistyo, membenarkan pengadaan bus listrik yang ramah lingkungan di internal kampus merupakan upaya UGM untuk menciptakan lingkungan kampus yang mengedepankan konsep pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Anies Luncurkan dan Resmikan 30 Unit Bus Listrik Transjakarta, Inilah 4 Rute yang Dilewati...

”Kami ingin lingkungan kampus semakin  nyaman dan kondusif adanya bus listrik ini,” ucapnya.

Pengadaan bus listrik UGM sejalan dengan dengan komitmen universitas untuk terus mengembangkan fasilitas untuk pedestrian dan warga yang berkebutuhan khusus. Rencananya, sepeda kampus juga akan diremajakan.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x