Kompas TV nasional politik

Jokowi Heran Selalu Ditanya soal Tiga Periode: Mau Jawab Apa Lagi?

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 22:35 WIB
jokowi-heran-selalu-ditanya-soal-tiga-periode-mau-jawab-apa-lagi
Menko Polhukam Mahfud MD. (Sumber: Kemenko Polhukam )
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyatakan telah berbincang soal isu perpanjangan masa jabatan presiden dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut Mahfud, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah jelas akan mengikuti konstitusi. Bahkan presiden mempertanyakan mengapa isue perpanjangan masa jabatan, selalu ditanyakan kepada dirinya.

Dalam wawancara dengan Kompas TV, Kamis (31/3/2022), Mahfud pun mengutip pernyataan Jokowi.

“Itu (soal presiden tiga periode) kok muncul terus, sudah saya jawab. Mau bagaimana lagi?” kata Mahfud mengutip kata-kata orang nomor satu di Indonesia itu.  

Baca Juga: Apdesi Terbelah Jadi 2 Kubu setelah Nyatakan Dukung Jokowi Jabat Presiden 3 Periode

Menurut Mahfud, Jokowi selalu menyatakan jawaban yang sama atas pertanyaan soal isu perpanjangan masa jabatan. Jawaban Jokowi itu, kata Mahfud, tidak pernah berubah.

Mahfud pun kembali menegaskan pernyataan presiden bahwa semua pihak harus taat konstitusi. Sebab, konstitusi sudah jelas mengatur masa jabatan presiden.

“Itu kan jawaban presiden dan selalu begitu jawabannya. Mau jawab apa lagi yang lebih tepat dari itu?” kata Mahfud balik bertanya.

Baca Juga: Diminta Apdesi Jabat 3 Periode, Presiden Jokowi: Konstitusi Sudah Jelas, Kita Harus Taat dan Patuh

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Sutarwijaya blak-blakan membongkar cerita pemicu di balik teriakan tiga periode kepada Jokowi.

Sutarwijaya mengatakan, teriakan tiga periode yang disampaikan sejumlah aparatur pemerintah desa itu dikarenakan mereka merasa senang. Pasalnya, enam poin yang menjadi aspirasi mereka, disetujui Presiden Jokowi.

“Jadi gini ceritanya sebenarnya, kita riil saja, kita bicara suara soal aspirasi teman-teman memohon kepada Pak Presiden enam poin, dari enam poin tadi diamini,” ucap Sutarwijaya dalam wawancaranya dengan Jurnalis KOMPAS TV Cindy Permadi.

Baca Juga: Soal Teriakan 3 Periode, Ini Kata Presiden Jokowi!

“Ini toh seperti anak dan orang tua dong. Ketika anak minta, dikabulkan, ya senang dong. Senang banget,” tambah Sutarwijaya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.