Kompas TV nasional peristiwa

Kemendikbud: Bantuan KIP Kuliah Bisa untuk PTN dan PTS, Kuliah Gratis sampai Lulus

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 04:55 WIB
kemendikbud-bantuan-kip-kuliah-bisa-untuk-ptn-dan-pts-kuliah-gratis-sampai-lulus
KIP Kuliah Merdeka 2022 membuka pendaftaran. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menawarkan sejumlah bantuan untuk pendidikan pada 2022.

Salah satu program bantuan pendidikan yang ditawarkan Kemendikbud Ristek adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022.

Baca Juga: Simak Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah, Bantuan Rp12 Juta untuk Program Studi Akreditasi A

Saat ini, program KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022 tersebut tengah membuka pendaftaran bagi para siswa yang berminat.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek Abdul Kahar menyampaikan, KIP Kuliah Merdeka 2022 dapat digunakan para siswa untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Baik ke perguruan tinggi negeri (PTN) atau pun perguruan tinggi swasta (PTS). Menurut dia, bantuan beasiswa itu diberikan karena tujuannya untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi.

“Bantuan beasiswa yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi agar lebih merata dan berkualitas," kata Abdul Kahar dalam keterangan resminya yang dikutip dari laman Kemendikbud pada Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: Ini Besaran Bantuan Biaya Kuliah dan Hidup Penerima KIP Kuliah Merdeka Tahun 2022

"Sehingga sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dapat segera terwujud."

Abdul Kahar menambahkan, pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 sudah dibuka bagi calon mahasiswa PTN dan PTS melalui berbagai tes masuk.

Mulai dari Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), seleksi Mandiri PTN, hingga seleksi Mandiri PTS.

Abdul Kahar mengungkapkan, para calon mahasiswa yang mendaftar KIP Kuliah Merdeka akan mendapat sejumlah keuntungan.

Baca Juga: Jangan Sampai Ketinggalan, Ini Jadwal dan Cara Daftar KIP Kuliah Merdeka 2022

"Calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN, dan dibebaskan dari biaya kuliah semester hingga lulus," ujar Kahar.

"Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya."

Adapun mekanisme pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Tata cara pendaftaran dapat dilihat melalui situs resmi kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

"Syarat-syarat yang digunakan untuk mendaftar KIP kuliah ini ialah beberapa dokumen, seperti data diri, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK)," ucap Kahar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x