Kompas TV cerita ramadan kalam

Tiga Hadis Pendek Keutamaan Puasa Bulan Ramadan, Bisa Dibagikan di Medsos

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 18:05 WIB
tiga-hadis-pendek-keutamaan-puasa-bulan-ramadan-bisa-dibagikan-di-medsos
Ilustrasi bulan Ramadan. Berikut ini merupakan tiga hadis pendek tentang Ramadan (Sumber: Pixabay/Chiplanay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ramadan 1443 H tinggal menghitung hari. Artinya, puasa bulan Ramadan tak lama lagi.  

Berikut ini merupakan tiga hadis pendek yang bisa dibagikan, entah di media sosial maupun platform digital, serta di grup-grup keluarga. 

Hadis adalah perkataan dari Nabi Muhammad SAW dan merupakan salah satu sumber utama dalam hukum Islam.

Dikutip dari buku Saiyid Mahadhir, Lc. MA bertajuk Menyambut Ramadhan (Rumah Fiqih 2019), berikut ini adalah hadis-hadis pendek terkait keutamaan Ramadan.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Terbitkan Edaran Panduan Prokes Ramadan 1443 H, Mulai Puasa hingga Salat Tarawih

3 Hadis Keutamaan Puasa Ramadan

Pertama, puasa bulan Ramadan adalah pembuka pintu surga.

Hadis pendek ini diriwayatkan oleh  sahabat Abu Hurairah. Ia merupakan sahabat yang dekat dengan Nabi Muhammad. Bahkan penamaan Abu Hurairah sendiri berasal dari dari Nabi Muhammad. Nama aslinya adalah Abdurrahman bin Shakr.

Hurairah sendiri bermakna kucing, Abu Hurairah artinya bapak kucing. Hal ini karena kecintaan sahabat Abu Hurairah terhadap kucing hingga diberi nama demikian. Berikut hadis Nabi tentang Ramadan yang diriwayatkan Abu Hurairah.

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Jika telah datang bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai." (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Mengenal Sejarah Salat Tarawih, Ibadah Khusus Bulan Suci Ramadan

Kedua, Ramadan adalah bulan ampunan

Hadis pendek ini juga berasal dari Abu Hurairah dan termaktub dalam kitab Sahih Muslim. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: Salat lima waktu dan juma’t ke Jum’at berikutnya, Ramadan ke Ramadan berikutnya menghapus dosa (seseorang) di antara waktu tersebut selama ia menjauhi dosa-dosa besar. (HR. Muslim)

Ketiga, Ramadan adalah bulan Kebahagiaan  

Hadis ini termaktub dalam sahih Muslim. Kitab ini sendiri merupakan kitab babon hadis dalam hukum Islam dan berisi ratusan ribu hadis yang sudah terverikasi.

Hadis ini juga menyiratkan tentang bulan Ramadan sebagai bulan yang penuh dengan kebahagiaan. 

Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. (HR. Muslim)

Itulah tiga hadis pendek tentang keutamaan Ramadan yang tidak lama lagi akan datang. Semoga kita semua mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan mampu menjalani Ramadan dengan sebaik-baiknya. Amin. 

Wallahu a'lam



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x