Kompas TV regional berita daerah

Tutup Sidang IPU, Standing Ovation Untuk Puan

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 10:31 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

BADUNG, KOMPAS TV - Penutupan IPU ke-144 dilakukan setelah para anggota forum parlemen internasional tersebut melakukan sidang untuk memutuskan berbagai rekomendasi dan resolusi terhadap sejumlah agenda global. IPU diselenggarakan 20 - 24 Maret 2022.

Pada sidang -sidang IPU, berbagai diskusi dan mencari solusi atas berbagai tantangan dan permasalahan telah dilaksanakan. Hal ini terlihat saat penutupan IPU ke -144, di Bali Internasional Convention Center (BICC) Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/2022) sore.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, menekenkan IPU menjembatani perbedaan posisi antar negara di berbagai isu. IPU menurutnya menjadi wadah untuk menunjukkan ke masyarakat internasional bahwa parlemen senantiasa mendorong kerja sama internasional dalam mempromosikan solidaritas global.

Dua resolusi yang cukup penting dalam IPU ke -144 adalah resolusi terkait perubahan iklim dan resolusi mengenai konflik Ukraina - Rusia yang merupakan emergency item. Resolusi perubahan iklim diberi nama deklarasi Nusa Dua. Deklarasi mengenai perubahan iklim telah menyerap aspirasi yang akan terus dilanjutkan terkait dengan penguatan aksi nasional untuk mewujudkan komitmen global.


Sementara itu emergency item menyepakati dokumen yang menggarisbawahi peran dialog dan diplomasi parlemen pada konflik Ukraina – Rusia. IPU menyerukan mediasi dan penyelesaian konflik di Ukraina. Resolusi ini juga merekomendasikan pembentukan task force untuk implementasi dan tindak lanjut.

 

 

 

 

 

#ipuassembly #ketuadprri #puanmaharani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x