Kompas TV regional peristiwa

2,5 Hektare Lahan Sawit di Sumatera Barat Terbakar, BPBD Sebut akibat Cuaca Panas

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 00:30 WIB
2-5-hektare-lahan-sawit-di-sumatera-barat-terbakar-bpbd-sebut-akibat-cuaca-panas
Petugas berusaha memadamkan kebakaran yang melanda 2,5 hektare lahan sawit di Agam, Sumatera Barat, Minggu (27/3/2022). (Sumber: ANTARA/HO BPDB Agam)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

LUBAKBASUNG, KOMPAS.TV - Seluas 2,5 hektare lahan kelapa sawit di Kuranji, Sungai Sirah, Kecamatan Tanjungmutiara, Agam, Sumatera Barat, hangus terbakar, Minggu (27/3/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Agam Rinaldi mengungkapkan lahan itu terbakar akibat cuaca panas yang melanda daerah tersebut.

"Lahan kelapa sawit seluas 2,5 hektare itu hangus akibat cuaca sangat panas melanda daerah itu," tuturnya dikutip dari Antara, Minggu.

Detailnya, lahan kelapa sawit yang terbakar adalah milik Son (35) warga Kuranji, Sungai Sirah, Jorong Duriam Kapeh seluas dua hektare. Selanjutnya milik Jonazir (60) dengan luas sekitar setengah hektare.

Baca Juga: Jokowi: Saya akan Paksa Perusahaan Kelapa Sawit dan Pertambangan Siapkan Persemaian

Satgas dan Pusdalops PB BPBD Agam dan sejumlah pihak gabungan diturunkan untuk melakukan pemadaman pada titik api.

Di antaranya, Kapolsek Tanjungmutiara, Bhabinkamtibmas Tiku Utara, Pemadam Kebakaran Agam, Wali Nagari Tiku Utara, Wali Nagari Persiapan Durian Kapeh, hingga pemilik lahan dan masyarakat.

"Saat ini pemadaman titik api masih dilakukan tim gabungan di lahan dan masih terdapat titik api," katanya.

Rumput yang sangat kering dan api yang mudah menyala membuat petugas gabungan membutuhkan mesin portabel hingga flexible tank untuk memadamkan api.

Rinaldi melanjutkan, pihaknya terus berupaya agar titik api segera dapat dipadamkan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tak membakar hasil perambahan kebun dan membuang puntung rokok di sembarang tempat.

Baca Juga: Sebelum Merembet, 4 Mobil Pemadam Turun untuk Jinakkan Kebakaran Warung Kelapa di Surabaya!

"Jangan melakukan pembakaran saat cuaca panas, karena dapat menjalar ke lahan lain," katanya.

Sebelumnya diberitakan kebakaran sempat melanda hutan dan lahan di Hutan Lindung Bukik Limbayuang, Jorong Binu, Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamangmagek, Selasa (22/3) dan bisa dipadamkan pada Sabtu (26/3).



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x