Kompas TV regional peristiwa

Gunung Semeru Erupsi Lagi, Jarak Luncur 4 Kilometer dari Puncak, Warga Diminta Siaga Penuh

Kompas.tv - 27 Maret 2022, 15:11 WIB
gunung-semeru-erupsi-lagi-jarak-luncur-4-kilometer-dari-puncak-warga-diminta-siaga-penuh
Tangkapan layar dari rekaman CCTV yang memperlihatkan detik-detik Gunung Semeru, Lumajang mengeluarkan awan panas guguran, Rabu (2/3/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

LUMAJANG, KOMPAS.TV- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali meluncurkan awan panas guguran pada Minggu (27/3/2022) pukul 09.08 WIB.

Jarak luncur awan panas guguran tersebut sejauh empat kilometer dari puncak ke arah Besuk Kobokan dan Besuk Lengkong.

"Telah terjadi erupsi Semeru berupa awan panas guguran pada Minggu ini dengan amplitudo maksimum 20 MM dan durasi 294 detik," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Patria Dwi Hastiadi, Minggu (27/3/2022).

BPBD Kabupaten Lumajang mengimbau agar masyarakat waspada karena status gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih Level III atau Siaga.

Baca Juga: Gunung Semeru Alami 24 Kali Letusan dalam 12 Jam Terakhir, Status Siaga

Dia menambahkan, pihaknya akan senantiasa menyebarluaskan informasi terkait aktivitas gunung tersebut.

"BPBD selalu menyebarluaskan informasi terkait dengan aktivitas Gunung Semeru itu, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan meningkatkan kesiagaannya untuk mematuhi rekomendasi PVMBG," tuturnya.

Letusan hingga Gempa Gunung Semeru

Sementara Petugas Pos Pantau Pengamatan Gunung Semeru Yuda Prinardita dalam laporan tertulisnya mencatat aktivitas kegempaan Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (DPL) itu.

Berdasarkan catatan, pada periode pukul 06.00-12.00 WIB mengalami letusan, awan panas guguran, gempa vulkanik dan terekam getaran banjir.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x