Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Teka-Teki Hilangnya Menteri Pertahanan Rusia Terjawab, Ternyata Tak Kena Serangan Jantung

Sabtu, 26 Maret 2022 | 21:14 WIB
teka-teki-hilangnya-menteri-pertahanan-rusia-terjawab-ternyata-tak-kena-serangan-jantung
Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu. Setelah disebut menghilang selama dua pekan, Shoigu dilaporkan muncul kembali dalam rapat bersama kementerian keuangan Rusia pada Sabtu (26/3/2022). (Sumber: Vadim Savitsky/Russian Defense Ministry Press Service via AP)

Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV – Teka-teki menghilangnya Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu akhirnya terjawab.

Setelah menghilang selama dua minggu, Shoigu akhirnya muncul dalam siaran televisi pada Sabtu (26/3/2022).

Melansir Moscow Times, Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah rekaman video yang memperlihatkan Shoigu tengah memimpin rapat membahas anggaran senjata Rusia.

Tak ada tanggal dalam gambar yang disiarkan televisi pemerintah Rusia itu. Namun, rapat yang juga dihadiri oleh Kementerian Keuangan Rusia itu dilaporkan terjadi pada Jumat (25/3).

Baca Juga: Teka-Teki Hilangnya Menteri Pertahanan Rusia, Diyakini Terkena Serangan Jantung karena Putin

“Pesanan senjata dan pasokan tetap akan berlangsung sesuai rencana, meski kita mengalami kesulitan-kesulitan hari ini,” kata Shoigu dalam rapat itu, merujuk pada sanksi internasional atas Rusia akibat aksi militernya di Ukraina.

Pada Kamis (24/3), Shoigu juga dilaporkan sempat muncul selama beberapa detik saat Presiden Rusia Vladimir Putin tengah mengadakan rapat bersama jajarannya.

Shoigu dilaporkan terakhir kali muncul di depan publik pada 11 Maret lalu. Padahal, menteri yang merupakan sekutu loyal Putin itu punya peran teramat penting dalam ‘operasi militer khusus’ Rusia di Ukraina.

Menghilangnya Shoigu tentu saja dipertanyakan para jurnalis. Sejumlah media Rusia berspekulasi bahwa Shoigu kemungkinan memiliki masalah kesehatan. Yang lainnya menyebut Shoigu mengalami serangan jantung akibat tekanan dari Putin yang murka lantaran invasi ke Ukraina tak berjalan seperti rencana.

Baca Juga: Ide Gila Menteri Pertahanan Rusia, Sinyalkan Keinginan Kloning Prajurit Berusia 3.000 Tahun

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov berupaya meredam desas-desus tentang menghilangnya Shoigu.

“Menteri Pertahanan punya banyak urusan saat ini. Ada operasi militer khusus sedang berlangsung. Ini bukan saat yang tepat untuk aktivitas media,” ujarnya pada para wartawan.

Shoigu yang berusia 66 tahun biasanya muncul secara rutin dalam siaran televisi pemerintah. Ia juga sempat muncul dalam film ekspedisi ke hutan belantara Siberia bersama Putin.

 


Sumber : Moscow Times

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x