Kompas TV nasional hukum

Ini Kewajiban yang Harus Dipenuhi Doddy Sudrajat dan Faisal jika Ingin Jadi Wali Gala Sky

Kompas.tv - 24 Maret 2022, 16:46 WIB
ini-kewajiban-yang-harus-dipenuhi-doddy-sudrajat-dan-faisal-jika-ingin-jadi-wali-gala-sky
Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat (kanan) dan ayah Febri Andriansyah, Faisal (kiri). (Sumber: KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ayah mendiang Bibi Andriansyah, Faisal menggugat hak perwalian cucunya. Adapun ayah mendiang Vanessa Angel, Doddy Sudrajat menjadi pihak tergugat.

Sebelumnya Doddy juga pernah mengajukan permohonan perwalian Gala di Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Namun, permohonan tersebut ditolak karena berkas untuk kasus perwalian sudah lebih dulu masuk di PA Jakarta Barat.

Humas Pengadilan Agama Jakarta Barat Sulaiman menjelaskan, anak yang masih di bawah umur bakal dipelihara hingga diasuh apabila orang tuanya belum bercerai atau meninggal dunia.

Namun, ketika anak yang masih di bawah umur kehilangan orang tua, maka wali akan ditetapkan sesuai dengan keputusan pengadilan. Seperti kasus Gala yang kehilangan kedua orangtuanya, yaitu Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel.

Baca Juga: Perceraian Doddy Sudrajat Dijadikan Bukti oleh Faisal dalam Sidang Hak Wali Gala Sky

Apa kewajiban yang harus dipenuhi oleh wali?

Dikutip dari situs bhpjakarta.kemenkumham.go.id, perwalian adalah pengawasan terhadap anak di bawah umur yang tidak berada di bawah kekuasaan orang tua serta pengurusan benda atau kekayaan anak tersebut sebagaimana diatur oleh Undang-undang.

Timbulnya suatu Perwalian diakibatkan oleh putusnya perkawinan baik karena kematian maupun karena suatu putusan pengadilan dan selalu membawa akibat hukum baik terhadap suami/istri, anak-anak maupun harta kekayaannya terutama terhadap anak-anak yang masih dibawah umur.

Adapun Wali memiliki kewajiban sebagai berikut:

  • Mengurus harta kekayaan anak yang berada di bawah perwaliannya;

  • Bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan karena pengurusan yang buruk;

  • Menyelenggarakan pemeliharaan dan pendidikan anak belum dewasa sesuai harta kekayaannya dan mewakili anak dalam segala tindakan perdata;

  • Mengadakan pencatatan dan inventarisasi harta kekayaan si anak;

  • Mengadakan pertanggungjawaban pada akhir tugas sebagai wali.

  • Baca Juga: Doddy Sudrajat Absen di Sidang Perwalian Gala Sky, Alasannya Cari Nafkah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.