Kompas TV regional agama

Mantan Wali Kota Solo Terjaring Tilang Elektronik

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 16:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - FX Hadi Rudyatmo pada Rabu (23/3/2022) pagi, mendatangi Mapolresta Solo, Jawa Tengah. Dia langsung menuju ke satuan lalu lintas bagian yang mengurusi tilang elektronik. Rudy datang untuk memenuhi panggilan, setelah mobilnya tertangkap kamera tilang elektronik. 

Saat itu, mobilnya tengah dipakai mengantar sang istri yang hendak ke Magelang. Dan yang mengemudi adalah salah satu anak buahnya. Ketika melintas titik tilang elektronik, kamera menangkap visual jika penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman. Dia mendapat panggilan berupa surat yang dikirim via pos.

Rudy mengapresiasi tilang elektronik karena ini bisa membuat warga lebih taat lalu lintas. Selain itu, Rudy juga berpesan agar setelah jual beli kendaraan segera balik nama. Karena siapapun yang menggunakan kendaraan, yang dipanggil untuk ditilang adalah nama pemilik di STNK.

"Dengan jarak yang sebegitu jauh, tapi gambarnya jelas sekali. Begitu saya tahu, ini istri saya sepertinya. Kita berharap masyarakat lebih disiplin menaati peraturan lalu lintas. Yang kedua, jual beli kendaraan bermotor, ini harus segera dibalik nama," ujar Rudy.

E-tilang atau electronic traffic law enforcement (ETLE) merupakan sistem tilang elektronik yang memanfaatkan kinerja dari closed-circuit television (CCTV) sebagai pengawasnya. CCTV yang dipasang di titik-titik strategis padat lalu lintas, digunakan untuk memantau apabila terdapat pelanggaran lalu lintas. Sistem ini berperan sebagai pembantu polisi yang bertugas di jalanan untuk mengawasi para pengendara yang melakukan pelanggaran.

Selain itu, CCTV yang digunakan juga mampu merekam pelat kendaraan untuk memudahkan proses hukum kendaraan yang melanggar.

#etilang #solo #fxhadirudyatmo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x