Kompas TV video vod

Bauran Kebijakan Bank Indonesia, Dukung Pemulihan Ekonomi

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 12:00 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 16-17 Maret 2022 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,50%, suku bunga deposit facility sebesar 2,75%, dan suku bunga lending facility sebesar 4,25%.

Pemulihan ekonomi Indonesia masih berlanjut, seiring merdedanya penyebaran Covid-19 varian Omicorn di tengah meningkatnya risiko geopolitik Rusia-Ukraina.

Ditengah meningkatnya ketidakpastian, seiring dengan eskalasi ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina, perbaikan ekonomi dunia berlanjut namun berpotensi lebih rendah dari prakiraan sebelumnya.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi domestik, diprakirakan masih kuat.

Pertumbuhan ekonomi pada 2022 diprakirakan tetap berada dalam kisaran 4,7% - 5,5%.

Baca Juga: Pertamina Jamin Stok Bio Solar Subsidi di Makassar Aman, Apa Penyebab Antrean Bus di SPBU?

Inflasi pada tahun 2022 diprakirakan terkendali dalam sasaran 3,0%±1%.

Sejalan dengan masih memadainya sisi penawaran dalam merespons kenaikan sisi permintaan, tetap terkendalinya ekspektasi inflasi, stabilitas nilai tukar rupiah, serta respons kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dan Pemerintah.

Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan Pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam rangka mengendalikan inflasi, menjaga stabilitas moneter, dan sistem keuangan.

Serta meningkatkan kredit atau pembiayaan kepada dunia usaha di sektor-sektor prioritas untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, ekspor, serta inklusi keuangan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x