Kompas TV nasional sosial

Menaker Klaim Manfaat JKP Sudah Dirasakan Korban PHK: Programnya Benar-Benar Terealisasi

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 22:57 WIB
menaker-klaim-manfaat-jkp-sudah-dirasakan-korban-phk-programnya-benar-benar-terealisasi
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengeklaim, manfaat program JKP telah dirasakan oleh pekerja yang menjadi korban PHK. (Sumber: Kementerian Ketenagakerjaan)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengeklaim, manfaat dari program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) telah dirasakan oleh korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ida menyebutkan, hingga akhir pekan lalu yakni pada Minggu (20/3/2022), setidaknya sudah ada 191 pekerja korban PHK yang menerima uang tunai sebagai manfaat dari program JKP.

Selain itu, terdapat pula 94 korban PHK yang sudah melakukan asesmen diri, 34 orang peserta konseling, dan yang mulai melamar pekerjaan kembali mencapai 58 orang.

"(Artinya) JKP ini program yang benar-benar direalisasi oleh pemerintah," kata Ida dikutip dari Kompas.com, Selasa (22/3/2022).

Baca Juga: Per 18 Maret, Ada 208 Pekerja Kena PHK yang Terima Uang Manfaat JKP

"Dan teman teman yang mengalami PHK juga sudah merasakan manfaatnya, mulai dari cash benefit, akses pasar kerja, hingga pelatihan kerja," sambungnya.

Ida menambahkan, dalam program JKP, terdapat sepuluh pelatihan pilihan terfavorit yang diminati oleh para peserta.

Contohnya, pelatihan desain grafis, operator komputer, barista, Bahasa Inggris, menjahit pakaian, tata kecantikan atau rias rambut, digital marketing, housekeeping, administrasi perkantoran, serta servis sepeda motor injeksi.

Lebih lanjut, Ida pun menjelaskan tentang kesiapan dan dukungan anggaran pembayaran iuran pemerintah untuk program JKP.

Baca Juga: Menaker Sebut Revisi Permenaker 2 Tahun 2022 Diberlakukan Mei, Pencairan JHT Bisa Online



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x