Kompas TV nasional kesehatan

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Kunyit, Simak Manfaat dan Efek Sampingnya

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 11:50 WIB
cara-mengatasi-asam-lambung-naik-dengan-kunyit-simak-manfaat-dan-efek-sampingnya
Kunyit disebut sebagai salah satu alternatif untuk mengobati penyakit asam lambung yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. (Sumber: Freepik)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyakit asam lambung merupakan salah satu yang kerap dikeluhkan oleh sebagian dari kita.

Asam lambung adalah cairan dalam lambung (HCl) dengan tingkat keasaman tertentu yang berperan membunuh mikroorganisme, membantu memecah, mencerna, dan menyerap nutrisi dalam makanan.

Penyakit asam lambung sendiri terjadi saat katup atau sfingter esofagus bagian bawah tidak menutup segera setelah makanan masuk. Akibatnya, asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Asam Lambung Kambuh karena Minum Kopi, Puspomad Tolak Permintaan Brigjen Junior Dirujuk ke RSPAD

Pada beberapa kasus, asam lambung dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman, seperti rasa terbakar di dada hingga mulas. Apabila tidak segera ditangani, penderita dapat mengalami penyakit refluks gastroesofageal (GERD).

Ada beberapa alternatif alami untuk meredakan asam lambung yang kambuh. Salah satunya dengan menggunakan kunyit.

Manfaat kunyit untuk asam lambung

Melansir Medical News Today, Selasa (22/3/2022), kunyit dapat melindungi sel-sel mukosa yang ada di kerongkongan dari asam lambung.

Dalam jurnal yang diterbitkan pada 2019 lalu, hal ini dikarenakan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dari senyawa kurkuminnya. 

Senyawa kurkumin adalah jenis antioksidan polifenol yang bertindak sebagai antivirus, antibakteri, dan berpotensi sebagai zat antikanker.

Sejumlah penelitian telah dilakukan, khususnya terkait manfaat kunyit untuk meredakan asam lambung. Namun, peneliti perlu melakukan kajian lebih lanjut untuk membandingkan efektivitas kurkumin dalam perawatan klinis.

Baca Juga: Asam Lambung Naik? Segera Lakukan Tips Berikut Ini

Cara meredakan asam lambung dengan kunyit

Melansir Kompas.com, meredakan asam lambung dengan kunyit dapat dilakukan dengan langkah sederhana.

Cukup keringkan rimpang kunyit dan tumbuh menjadi bubuk. Gunakan bubuk kunyit untuk membuat minuman. Anda juga dapat membeli bubuk kunyit instan yang tersedia di pasaran.

Web MD merekomendasikan dosis yang tepat, yakni 500 mg kurkumin atau ½ sendok teh bubuk kunyit per hari.

Efek samping kunyit

Seperti pepatah, sesuatu yang berlebihan tidak baik. Niat ingin mengobati asam lambung dengan kunyit, tapi ada efek samping yang mengintai apabila digunakan berlebihan.

Beberapa efek samping kunyit di antaranya:

  • Menyebabkan sakit kepala dan diare apabila melebihi dosis harian. 
  • Pembentukan batu ginjal. Kunyit melepaskan oksalat yang apabila kadar oksalat dalam tubuh tinggi maka dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.
  • Kunyit merupakan antikoagulan yang berfungsi mencegah penggumpalan darah. Orang yang mengonsumsi kunyit kemudian mendapati kulitnya mudah memar dan berdarah harap waspada. 

Baca Juga: Laura Anna Keluhkan Asam Lambung Sebelum Meninggal, Benarkah Asam Lambung Mematikan?

Untuk lebih aman, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit untuk meredakan asam lambung.



Sumber : Medical News Today, Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x