Kompas TV nasional wisata

Usai MotoGP, Menparekraf Sandiaga Uno Optimis Kunjungan Wisata di NTB Bakal Meningkat

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 23:30 WIB
usai-motogp-menparekraf-sandiaga-uno-optimis-kunjungan-wisata-di-ntb-bakal-meningkat
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno optimis kunjungan wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal meningkat seusai MotoGP Indonesia 2022. (Sumber: Youtube Kemenparekraf)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku optimis soal peningkatan kunjungan wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) usai perhelatan MotoGP Indonesia 2022.

"Mereka perkirakan akan terjadi peningkatan kunjungan wisnus (wisatawan nusantara) maupun wisman (wisatawan mancanegara) ke Lombok (NTB)," kata Sandiaga, mengutip Antara, Senin (221/3/2022).

"(Terlebih) seiring dengan diberlakukannya kemudahan perjalanan bagi wisatawan di tengah terkendalinya penyebaran Covid-19," tambahnya.

Sandiaga menyebut, kesuksesan MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, telah menarik perhatian dunia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Aksi Rara Si Pawang Hujan di MotoGP Bikin Pembalap Terkesan

Buktinya, ada kurang lebih 400 juta pasang mata yang menyaksikan ajang balap motor paling bergengsi itu lewat tayangan langsung televisi.

Dengan demikian, para penonton itu turut mengenal destinasi wisata di NTB, baik yang alam, budaya, maupun buatan manusia dalam beberapa tayangan selingannya.

"Seperti Mandalika International Street Circuit yang telah diakui oleh para pembalap dunia sebagai sirkuit tercantik di dunia," ujar Sandiaga.

Sehingga, Sandiaga pun percaya, penyelenggaraan MotoGP tahun ini dapat menjadi momen penting untuk menguatkan posisi Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata olahraga kelas dunia.

Baca Juga: Gresini Racing Bawa Indonesia ke Sirkuit Mandalika, Sandiaga Uno Optimistis di MotoGP 2022

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, titel baru tersebut tentu akan semakin memperkaya identitas Lombok sebagai destinasi wisata unggulan, bukan hanya cocok untuk bulan madu.

Sandiaga menegaskan, Sirkuit Mandalika akan membuat Lombok dipandang semakin populer dengan atraksi baru, yaitu wisata olahraga.

"Banyak event balap motor akan digelar secara rutin dan terjadwal di Mandalika International Street Circuit," terangnya.

Misalnya, setelah MotoGP, sudah ada dua turnamen internasional yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika.

Mulai dari balap mobil GT World Challenge Asia pada 21-23 Oktober 2022 serta World Superbike (WSBK), 11-13 November 2022 mendatang.

Untuk itu, dalam satu hingga dua minggu ke depan, Sandiaga akan melakukan evaluasi terhadap penyelenggaran MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x