Kompas TV regional berita daerah

Seekor Uwa-uwa Diserahkan ke BKSDA Kalsel usai Diselamatkan Petugas Damkar Banjarmasin

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 22:27 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - seekor Uwa-Uwa atau kera bernama latin Hylobatidae akhirnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan, jumat sore (18/3/2022).

Primata ini sebelumnya berhasil diselamatkan oleh Petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Banjarmasin dari perbatasan antara Banjarmasin Timur dengan Kabupaten Banjar pada selasa malam lalu.

Baca Juga: Heboh Evakuasi Biawak Seberat 60 Kg, Petugas Damkar Banjarmasin Sempat Kewalahan

Uwa-uwa ini sempat dilaporkan menyerang warga setelah lepas dari kandang peliharaan.

"Dipelihara sejak kecil, pada saat pindah rumah tidak mau lagi memelihara," ucap Anggota Damkar dan Penyelamatan Kota Banjarmasin, Fajrin.

Sebelumnya hewan ini dipelihara warga namun akibat warga tersebut ingin pindah dan menyadari hewan ini dilindungi, warga pun menghubungi petugas damkar untuk evakuasi.

"Kita memastikan lokasi yang ada dulu, karena lokasi ini sangat penting, kita harapkan keberlangsungan hidupnya tidak terganggu," terang Polhut BKSDA Kalsel Seksi II Banjarbaru, Rian Prakosa Wijaya.

Baca Juga: Siswa SMAN 2 Palangkaraya Raih Medali Emas Internasional

BKSDA Kalsel rencananya akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan memastikan lokasi pelepasliaran yang kondusif untuk hewan berjenis kelamin betina ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x