Kompas TV olahraga kompas sport

Sorotan MotoGP Mandalika: Marc Marquez Absen hingga Munculnya Pawang Hujan

Kompas.tv - 21 Maret 2022, 07:06 WIB
sorotan-motogp-mandalika-marc-marquez-absen-hingga-munculnya-pawang-hujan
Presiden Republik indonesia Joko Widodo menyerahkan trofi MotoGP Mandalika 2022 kepada Miguel Oliveira. (Sumber: ANTARA FOTO/ANDIKA WAHYU)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - MotoGP Mandalika 2022 diwarnai sejumlah drama, dari absennya Marc Marquez hingga kemunculan pawan hujan.

Gelaran seri kedua MotoGP 2022 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi berakhir pada Minggu (20/3/2022). 

Pada race kelas utama, pembalap KTM Red Bull, Miguel Oliveira berhasil menyabet gelar juara. Di tempat kedua ada juara bertahan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Racing Ducati). 

Miguel Oliveira menjadi pembalap MotoGP ketiga yang sukses menjadi juara di Indonesia. Sebelumnya ada nama Mick Dohan (1996) dan Tadayuki Okada (1997). 

Namun, sebelum balapan MotoGP Mandalika 2022 benar-benar digelar, terjadi beberapa momen yang menjadi sorotan dunia. 

Baca Juga: [TOP3NEWS] Jokowi Nonton MotoGP 2022, Warga Nonton di Bukit Seger, Haris Azhar soal Status Tersangka

Marc Marquez Gagal Balapan

Pembalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez gagal balapan di MotoGP Indonesia seusai mengalami kecelakaan fatal pada sesi pemanasan. 

Dalam tayangan ulang yang beredera, Marc Marquez kehilangan kendali motornya hingga terpental ke area gravel. 

Kendati dapat berdiri tepat setelah insiden tersebut, Marquez langsung diterbangkan ke rumah sakit terdekat menggunakan helikopter, guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

Pada akhirnya, Marquez dikonfirmasi tidak dapat mengikuti balapan. 

Menurut keterangan resmi dari situs MotoGP, The Baby Alien mengalami gegar otak ringan dan dinyatakan tidak fit untuk mengikuti balapan. 

Baca Juga: Alami Gegar Otak, Marc Marquez Absen Balapan di MotoGP Indonesia

Kekecewaan tidak hanya dirasakan oleh para fans yang ingin menonton Marquez memacu motornya, tetapi juga sang pembalap itu sendiri. 

"Apa yang bisa saya katakan? Ini bukan pekan balapan terbaik untuk kami. Kami sudah berjuang dan memiliki masalah sejak awal," sebut Marquez dikutip dari situs resmi Repsol Honda. 

"Itu kecelakaan yang sangat hebat. Mungkin salah satu kecelakaan terhebat yang pernah saya alami. Saya sudah menjalani pemeriksaan di rumah sakit dan tetap diizinkan balapan, meski tidak ditemukan cedera serius." 

"Tentu saja saya sangat kecewa. Tetapi, ini adalah keputusan terbaik," ujarnya. 

Penundaan Race, Sambaran Petir, hingga Munculnya Pawan Hujan

Start race kelas utama MotoGP sempat mengalami penundaan selama 75 menit, karena hujan lebat. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x