Kompas TV regional berita daerah

Penjualan Kurma Meningkat 3 Kali Lipat Jelang Ramadan

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 11:53 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Menjelang ramadhan, penjualan kurma di Kabupaten Jember Jawa Timur meningkat 3 kali lipat. Banyak warga membeli kurma jauh-jauh hari untuk disimpan terlebih dulu dan selanjutnya digunakan untuk berbuka puasa.

Salah satu toko kurma yang mengalami peningkatan penjualan adalah Toko Alwi yang berada di Jalan Samanhudi komplek pertokoan Pasar Tradisional Tanjung Kabupaten Jember. Penjualan kurma meningkat 3 kali lipat dengan rata-rata penjualan 100 kilogram per hari.

Yang paling banyak diburu warga adalah kurma dari Mesir jenis golden valley, el waha, al ammar dan rabbe, karena teksturnya besar, harga murah dan berasa manis legit. Kurma dari Libya, Tunisia, Madinah, Saudi Arabia dan Palestina juga menjadi buruan pembeli, karena harganya juga murah.

Harga kurma mulai dari 20 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah per kilogram. Sedangkan harga kurma kemasan antara 40 ribu ribu hingga 100 ribu rupiah disesuaikan dengan jenis dan beratnya.

Baca Juga: Kolak Ketan Kurma, Menu Favorit Buka Puasa

Berbuka puasa dengan kurma merupakan Sunnah Rasul tak heran jika kurma menjadi buruan umat muslim saat ramadan. Kurma juga baik dikonsumsi, karena dapat menjaga kondisi tubuh saat menjalankan ibadah puasa.

Peningkatan penjualan kurma diperkirakan terus hingga awal Bulan Ramadhan.

 

#kurma #ramadan #sunnahrasul #bukapuasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x