Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri Listyo Sigit ke Pengusaha: Tolong Hindari Hal yang Bisa Merusak Lingkungan, Demi Masa Depan

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 03:05 WIB
kapolri-listyo-sigit-ke-pengusaha-tolong-hindari-hal-yang-bisa-merusak-lingkungan-demi-masa-depan
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers usai Rapat Evaluasi Kebijakan Distribusi dan Harga Minyak Goreng di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (15/3/2022). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

BALI, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengingatkan kepada pengusaha untuk menerapkan konsep ekonomi ramah lingkungan (green and blue economy) sebagai kekuatan perekonomian baru.

Karena itu, ia meminta kepada pengusaha untuk menghindari kegiatan-kegiatan usaha yang dapat merusak lingkungan, terutama hutan lindung.

Baca Juga: Kapolri ke Seluruh Kapolda: Mulai Besok Sampai Minggu Depan Minyak Goreng Harus Ada di Pasar

Demikian hal tersebut disampaikan Kapolri saat menjadi pembicara di Forum Bisnis Sidang Pleno Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bertema 'Kolaborasi Pengusaha Muda dalam Mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca-Pandemi'. 

"Tolong hindari hal-hal yang bisa berdampak perusakan lingkungan. Hindari kawasan hutan lindung untuk masa depan kita," kata Sigit di Hotel Trans Resort Bali sebagaimana dikutip dari keterangan resminya pada Jumat (18/3/2022).

"Saya kira ini memang komitmen yang harus dilakukan untuk menjaga bumi, alam, dan masa depan generasi akan datang.”

Jenderal bintang empat itu lantas mengajak seluruh pengurus maupun anggota HIPMI mengawal dan mendukung seluruh kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kunjungi Pabrik di Bali, Kapolri Sigit Pastikan Stok dan Harga Minyak Goreng Sesuai HET

Menurut dia, pandemi menjadi tantangan bangsa Indonesia untuk bersama-sama mencapai target pertumbuhan ekonomi pada 2022. 

Untuk itu, kata Sigit, upaya tersebut betul-betul harus dijaga agar bisa tumbuh di atas angka lima persen.

"Karena menjadi syarat Indonesia bisa terlepas dari yang biasa disebut Middle Income Trap," ucap Sigit.

Dalam kesempatan tersebut, Sigit menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar kader HIPMI bisa membalik sebuah tantangan menjadi sebuah peluang. 

Juga membalikkan bencana pandemi Covid-19 menjadi sebuah kebangkitan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Perkenalkan, Pasukan Respons Cepat Elite Korps Brimob yang Baru Dikukuhkan Kapolri, Ini Tugasnya

Adapun dukungan yang dapat dilakukan mulai dari sosialisasi mengenai pengembangan usaha dengan UMKM, e-commerce, penyaluran KUR, kegiatan FGD, hingga talk show.

"Tentunya ini diharapkan melahirkan pengusaha baru," ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengingatkan adanya perkembangan lingkungan global dapat memberikan dampak terhadap Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x