Kompas TV nasional berita utama

Wagub DKI Minta Pemerintah Pusat Pastikan HET Minyak Goreng Terjangkau oleh Masyarakat

Kompas.tv - 16 Maret 2022, 13:02 WIB
wagub-dki-minta-pemerintah-pusat-pastikan-het-minyak-goreng-terjangkau-oleh-masyarakat
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (14/3/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap pemerintah pusat dapat memastikan harga eceran tertinggi minyak goreng yang bisa terjangkau oleh masyarakat.

Demikian Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dalam wawancaranya bersama Jurnalis KOMPAS TV Leo Taufik, Rabu (16/3/2022).

“Terkait harga kami berharap dari pemerintah pusat bisa memastikan, adanya dukungan bantuan subsidi dan operasi pasar,” ujar Riza.

“Supaya ketersediaan minyak goreng dan lainnya ada dan harganya juga sekalipun ada peningkatan bisa terjangkau oleh masyarakat khususnya warga Jakarta,” ujarnya.

Baca Juga: Ini Penjelasan Ombudsman Terkait Langkanya Minyak Goreng di Pasaran

Tak hanya itu, Riza Patria juga berharap pemerintah pusat segera mengatasi perihal kelangkaan minyak goreng yang sudah berlangsung selama dua bulan.

Mengingat waktu memasuki bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri semakin dekat.

“Umumnya tahun ke tahun terjadi peningkatan harga-harga bahan pokok. Namun demikian yang paling penting kami harapkan ketersediaan bahan pokok tersebut, sembako dan juga tentu minyak goreng,” kata Riza Patria.

Dalam keterangannya, Riza menyampaikan Pemprov DKI Jakarta melalui dinas instasi terkait akan terus berkoordinasi melakukan pengawasan sejumlah bahan pokok jelang Ramadan didukung oleh TNI-Polri.

“Memastikan ketersediaan minyak goreng dan bahan pokok lainnya dan juga harganya sesuai dengan aturan yang telah disepakati,” kata Riza.

Baca Juga: Cegah Permainan Pasar, Kapolri Bakal Kawal Distribusi Minyak Goreng Subsidi Rp14 Ribu

Sebelumnya perihal minyak goreng, Presiden Joko Widodo kemarin telah menggelar Rapat Terbatas untuk mengatasi kelangkaan.

Dari hasil ratas tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga telah memerintahkan seluruh Kapolda untuk memastikan masyarakat dapat dengan mudah memperoleh minyak goreng.

“Kami dari kepolisian siap mengawal sehingga jaminan distribusi ketersediaan di pasar betul-betul riil di lapangan,” ucap Sigit.

Dalam pernyataannya, Sigit memastikan jajarannya akan memastikan keputusan pemerintah dapat diterapkan dengan lancar di lapangan.

“Kami akan kerja sama dengan stakeholder terkait untuk memastikan minyak curah kemudian minyak kemasan sesuai yang disampaikan sesuai harga keekonomian ada di pasar,” ujarnya menegaskan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x