Kompas TV nasional peristiwa

Dua Operator TransJakarta Ini dapat Peringatan Keras Gara-gara Bus Kerap Terlibat Kecelakaan

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 17:12 WIB
dua-operator-transjakarta-ini-dapat-peringatan-keras-gara-gara-bus-kerap-terlibat-kecelakaan
Foto ilustrasi kecelakaan bus TransJakarta di Jalan Pramuka pada Senin (6/12/2021). (Sumber: Kompas.com/Ist)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Utama PT TransJakarta, Mochammad Yana Aditya, mengatakan, pihaknya telah memberi peringatan kepada operator bus TransJakarta yang terlibat pada kecelakaan lalu lintas selama beberapa hari belakang. 

"Kami sudah memberikan peringatan kepada operator. Jadi, ada dua operator di sana, Mayasari dan Pahala Kencana yang kemarin ada kecelakaan," kata Yana di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/3/2022). 

Tidak hanya itu, pramudi (sopir bus-red) yang terlibat saat ini juga tengah menjalani pemeriksaan di kepolisian. Yana mengatakan, pihaknya memutuskan untuk menskors pramudi bus yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. 

Baca Juga: TransJakarta Alami 4 Kali Kecelakaan dalam 24 Jam, Wagub DKI: Kami Terus Evaluasi

"Tentu pramudinya karena sedang diperiksa, maka kami berikan sedikit skors lah ya supaya nanti pemeriksaannya lebih lancar," kata dia. 

Terkait sanksi kepada operator, Yana mengatakan bentuknya bertingkat, mulai dari peringatan hingga pemutusan kontrak. 

Harapannya, dengan sanksi ini ada efek jera yang dirasakan oleh pihak operator agar kembali dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. 

Sebelumnya, sejak Minggu (13/3) kemarin, setidaknya sudah terjadi empat kecelakaan berturut yang melibatkan bus TransJakarta dalam kurun waktu 24 jam terakhir.

Pertama, pada Minggu pagi sekitar pukul 06.10 WIB, satu armada TransJakarta dikabarkan melindas seorang pengendara motor hingga tewas di Jalan MH Thamrin.

Baca Juga: TransJakarta akan Revitalisasi 46 Halte, Anggarannya Rp600 Miliar

Pada hari yang sama, bus TransJakarta di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, menabrak separator jalan dan mengakibatkan tangki bahan bakarnya bocor sehingga berceceran di lokasi kejadian.

Lalu, pada Minggu malam, terjadi kecelakaan antara bus TransJakarta dengan mobil sedan mewah di daerah Layang Simprug, Jakarta Selatan. Tidak ada korban jiwa dari kedua kejadian tersebut. 

Terbaru, seorang pejalan kaki dikabarkan meninggal dunia setelah tertabrak bus TransJakarta di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (14/3) kemarin. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.