Kompas TV nasional peristiwa

Sejumlah Menteri Usul Upacara HUT RI 2024 di IKN Nusantara, Begini Tanggapan Jokowi

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 11:55 WIB
sejumlah-menteri-usul-upacara-hut-ri-2024-di-ikn-nusantara-begini-tanggapan-jokowi
Tanggapan Presiden RI Joko Widodo soal usulan sejumlah menteri yang mengingnkan Upacara HUT RI 2024 digelar di IKN Nusantara. (Sumber: Tangkapan layar YouTube)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju telah mengusulkan penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kepala Negara menuturkan masih menampung usulan tersebut, mengingat pembangunan IKN baru akan dilakukan. 

"Ini kan baru dimulai, namanya rencana ya ada beberapa menteri yang sampaikan untuk nanti di 2024 (upacara) 17 Agustus dilakukan di sini. Kita lihat nanti seperti apa," kata Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Meski demikian, Jokowi tidak menutup kemungkinan terkait HUT RI di 2024 dapat dilangsungkan di IKN jika istana dan sejumlah kementerian sudah rampung di bangun.

Namun Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tak mau memastikan hal tersebut terlalu dini dan ingin melihat perkembangan pembangunan IKN terlebih dahulu. 

"Ya kita lihat nantinya seperti apa. Kalau memang istana dan beberapa kementerian sudah jadi, atau mungkin fasilitas lain-lainnya sudah jadi ya bisa saja. Tapi nanti lah kita putuskan setelah kelihatan progresnya," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden menyebut perpindahan ibu kota negara merupakan pekerjaan raksasa dan bukan pekerjaan yang mudah.

Baca Juga: Daerah-daerah Strategis Penyangga IKN Nusantara Mulai Dipetakan

Berdasarkan kajian diperkirakan pembangunan IKN Nusantara akan memakan waktu 15-20 tahun untuk betul-betul selesai.

"Ini kan sebuah pekerjaan yang raksasa besarnya. Ini pekerjaan besar sekali, dan juga bukan pekerjaan yang mudah. Ini pekerjaan yang rumit," ujarnya.

“Oleh sebab itu memang butuh waktu yang panjang, perkiraan kita antara 15 sampai 20 tahun baru bisa diselesaikan," imbuh Jokowi.

Untuk mewujudkan itu semua, Jokowi kemudian menegaskan perlunya kolaborasi dan dukungan seluruh komponen bangsa.

"Sehingga diperlukan kolaborasi kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah, sektor swasta, dari BUMN, dari masyarakat, TNI, POLRI dan seluruh komponen bangsa ini agar dukungan yang ada ini betul-betul bisa kita maksimalkan dalam rangka mempercepat pembangunan ibu kota Nusantara ini," tegasnya.

Seperti diketahui, pemerintah akan memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN pada tahun ini. Pemerintah merencanakan pembangunan tahap pertama akan rampung pada 2024.

Baca Juga: Pembangunan IKN Diharapkan Jadi Magnet Selain Pulau Jawa, Perkiraan Anggaran Rp466 Triliun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x