Kompas TV regional berita daerah

Gurihnya Tengkleng Kaki Kambing Muda yang Empuk

Senin, 14 Maret 2022 | 15:10 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

DEMAK, KOMPAS.TV - Kabupaten Demak, Jawa Tengah, tak hanya terkenal dengan wisata religinya. Namun, Di Kabupaten Demak terdapat kuliner olahan kambing legendaris dari generasi ke generasi, seperti tongseng dan tengkleng kaki kambing muda.

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Demak, Omah Sate Mbah Giman di Desa Pilangrejo, Kecamatan Wonosalam, bisa menjadi salah satu pilihan untuk menikmati menu tengkleng kaki kambing muda yang rasanya gurih dan lumer di lidah. Tengkleng kaki kambing muda yang menjadi salah satu menu andalan disajikan dan diolah dengan campuran rempah-rempah resep turun temurun warisan keluarga, dan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, kemiri, dan merica. Selain itu, kaki kambing mudanya pilihan, yakni harus dari kambing berusia tiga bulan dan dipresto agar empuk.

"Khasnya empuk, dagingnya lumer, kalo dimakan rasanya maknyus gitu. Sumsumnya tidak berbau amis, terasa lembut, enak, sumsumnya banyak sekali," ujar Musyarofah, pedagang.

Pembeli yang baru pertama kali mencicipi menu tengkleng kaki kambing muda dijamin ketagihan, karena kaki kambing mudanya sangat empuk dan lumer di lidah. Ditambah dengan kuahnya yang cukup kental dan gurih karena kaya akan bumbu rempah.

"Kalo di sini sangat empuk, tapi kauhnya agak sedikit kental. Sensasinya empuknya, maknyus gitu," kata Munawaroh, pembeli.

Untuk menikmati lezatnya semangkuk tengkleng kaki kambing muda ini, pelanggan cukup merogoh kocek Rp 40.000. Namun, apabila semangkuk tengkleng kaki kambing muda terlalu banyak, pelanggan bisa pesan menu separuh porsi saja.

#tengkleng #demak #kambingmuda

 

 


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x