Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Ada 3 Nama Pengusaha Minyak Goreng di Daftar 10 Orang Terkaya Indonesia

Kompas.tv - 13 Maret 2022, 08:31 WIB
ada-3-nama-pengusaha-minyak-goreng-di-daftar-10-orang-terkaya-indonesia
Pekerja mengemas minyak goreng di Pabrik Industri Hilir Kelapa Sawit (Sumber: Antara)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenaikan harga minyak goreng masih menjadi perbincangan selama beberapa waktu belakang. Sejak akhir tahun, harga minyak goreng mengalami lonjakan, bahkan, di sejumlah daerah, minyak goreng menjadi bahan pokok yang langka. 

Padahal, pemerintah sudah menggulirkan sejumlah kebijakan terkait dengan lonjakan harga ini yakni dengan menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni sebesar Rp11.500 per liter untuk minyak goreng curah, Rp13.500 per liter untuk minyak goreng kemasan, dan Rp14.000 untuk minyak goreng kemasan premium. 

Tetapi, masih banyak penjual yang mematok harga jual minyak goreng di atas HET mencapai Rp20.000 per liter. 

Mengutip Kompas.com, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyebutkan bahwa produksi minyak goreng sebenarnya dikuasai segelintir pemain.

Mereka tak hanya memiliki pabrik minyak goreng, tapi juga menguasai ratusan ribu hektare perkebunan kelapa sawit di atas lahan negara melalui skema HGU.

Baca Juga: Sorotan Berita: Label Halal Baru, Pipa Gas PLTP Dieng Bocor, Meninggal saat Antre Minyak Goreng

Mengutip Kompas.com, berikut ialah daftar konglomerat pemilik usaha minyak goreng menurut Majalah Forbes:

1. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja atau Grup Sinar Mas berada di urutan kedua daftar orang terkaya di Indonesia. Sinar Mas hanya kalah oleh Keluarga Hartono pemilik BCA dan Djarum. Keluarga Widjaja merupakan pemilik bisnis minyak goreng terkaya di Indonesia dengan kekayaan 9,7 miliar dollar AS atau setara Rp139,5 triliun.

Kelompok Widjaja didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019 di usia 98 tahun. Salah satu perusahaan penyumbang pendapatan terbesar berasal dari minyak goreng.

Produk minyak goreng terkenalnya adalah Filma. Sebelum pecah kongsi, Eka Tjipta sebelumnya sukses membuat produk minyak goreng Bimoli bersama Sudono Salim dari Grup Salim. 

Selain sawit dan minyak goreng, bisnis Sinar Mas yang bergerak di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, kesehatan, dan telekomunikasi.

Baca Juga: Seorang Ibu di Berau Meninggal Dunia Saat Mengantre Minyak Goreng

2. Keluarga Salim



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.