Kompas TV nasional kesehatan

Sudah Vaksinasi Dosis Lengkap Tetap Bisa Terinfeksi Omicon? Ini 9 Gejala Umumnya

Kompas.tv - 10 Maret 2022, 08:33 WIB
sudah-vaksinasi-dosis-lengkap-tetap-bisa-terinfeksi-omicon-ini-9-gejala-umumnya
Ilustrasi. Ada sembilan gejala infeksi virus Corona varian Omicron terhadap orang-orang yang sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Seperti pilek, sakit tenggorokan dan kepala, hingga diare. (Sumber: Thinkstock/Wavebreakmedia Ltd)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Orang yang sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali atau dosis lengkap, masih memiliki peluang terinfeksi virus Corona varian Omicron.

Namun, perlu dipahami bersama bahwa infeksi Omicron terhadap orang yang sudah vaksinasi dosis lengkap itu, biasanya diikuti oleh gejala-gejala ringan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh para peneliti dan epidemiolog Inggris dalam penelitian terkait gejala umum dari pasien Covid-19 yang sudah divaksin sebanyak dua kali.

Melansir National World, Kamis (3/3/2022), penelitian tersebut mendapati bahwa setidaknya ada sembilan gejala umum yang dialami oleh pasien Covid-19 dengan status vaksinasi dosis lengkap.

Baca Juga: Waspada! Ini Gejala Omicron Siluman yang Paling Umum, Kasusnya Naik di Indonesia

1. Pilek

Karena infeksi Omicron, pilek yang identik sebagai gangguan kesehatan pada musim dingin, kini dapat menjadi salah satu gejalanya.

Termasuk bagi orang yang sudah menerima suntikan vaksin dosis kedua, kondisi pilek seperti terisak atau hidung meler mungkin saja merupakan tanda atau gejala dari Covid-19 varian Omicron.

2. Sakit tenggorokan

Rasa sakit atau gatal di tenggorokan adalah salah satu tanda peringatan utama Covid-19 varian Omicron, yang biasanya terjadi pada tahap awal setiap infeksinya.

Oleh sebab itu, mereka yang merasakan gejala sakit tenggorokan itu sangat disarankan agar memperbanyak asupan cairan dan minum obat parasetamol.

3. Bersin-bersin

Orang dengan sistem imun yang sudah dilindungi oleh vaksin, tetap bisa terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron jika mengalami berulang kali.

Gejala satu ini perlu diwaspadai lagi oleh kebanyakan orang, karena sangat umum terjadi pada pasien Covid-19 varian Omicron yang sudah vaksinasi.

Baca Juga: Kasus Positif Mengalami Tren Penurunan, Kemenkes Optimis Omicron Tak Ancam Idulfitri

4. Sakit kepala



Sumber : Kompas.com/National World

BERITA LAINNYA



Close Ads x