Kompas TV regional berita daerah

Aplikasi SIAK Tingkatkan Akurasi Data Adminduk di Jember

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 20:22 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur mensosialisasikan aplikasi sistem informasi administrasi kependudukan terpusat kepada operator adminduk kecamatan. Aplikasi itu sebagai upaya untuk meningkatkan keakuratan data kependudukan.

Sosialisasi aplikasi sistem informasi administrasi kependudukan atau SIAK terpusat digelar di aula PB Sudirman Pemkab Jember, pada Rabu (9/3/2022). Sosialisasi diikuti oleh perwakilan dan operator kependudukan dari 31 kecamatan secara daring dan luring.

Mereka dilatih cara menggunakan aplikasi SIAK terpusat. Dengan aplikasi itu, diharapkan akurasi data kependudukan dapat ditingkatkan dan kesalahan data kependudukan dapat dihindari.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan bahwa dengan keakuratan data diharapkan hak-hak masyarakat dapat terpenuhi, seperti hak mendapatkan bantuan sosial.

Selain tercapainya keakuratan data, aplikasi SIAK juga mempermudah petugas dalam memasukan data, karena praktis, cepat dan terkoneksi langsung dengan pemerintah pusat.

Baca Juga: Jaminan Sosial Pelayan Masyarakat, Pemkab Jember Pertama Mengikutsertakan Ketua RT/RW dalam BPJS (2)

Aplikasi SIAK terpusat juga memberikan kemudahan dalam verifikasi data secara rutin dan faktual dibandingkan pelaksanaan secara manual.

 

#PemkabJember #Adminduk #AplikasiSiak #Kecamatan #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x