Kompas TV regional berita daerah

Jelang Ramadan, Harga Sembako Di Madiun Naik

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 20:16 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar besar Kota Madiun mengalami kenaikan. Mulai dari cabai rawit, telur, bawang merah, hingga daging ayam potong. Dampaknya, minat beli masyarakat pun mengalami penurunan.

Harga sejumlah kebutuhan di pasar besar Kota Madiun, Jawa Timur, terus mengalami kenaikan. Kenaikan ini terpantau pada sejumlah komoditas, diantaranya cabai rawit, bawang merah, telur ayam ras, hingga daging ayam potong.

Sejumlah pedagang mengatakan, kenaikan ini berlangsung sejak seminggu terakhir. Seperti cabai rawit yang semula 40 ribu rupiah perkilogram, kini naik harga menjadi 60 ribu rupiah perkilogram. Sementara cabai jenis merah besar dan keriting, kini telah berada di harga 48 ribu rupiah perkilogramnya.

Di pasar ini, komoditas bawang merah juga naik harga. Dari semula di harga 26 ribu rupiah, kini menjadi 36 ribu rupiah perkilogram. Selain itu harga telur ayam ras, dari harga 20 ribu rupiah kini naik menjadi 24 ribu rupiah perkilogramnya.

Begitu juga daging ayam potong, yang juga mengalami kenaikan dalam seminggu terakhir, dari 27 ribu rupiah dan kini bertahan di harga 32 ribu rupiah perkilogram. Dampaknya, banyak konsumen yang mengurangi jumlah pembeliannya.

Menjelang hari - hari besar, sejumlah kebutuhan pokok seringkali mengalami kenaikan harga. Apalagi cuaca ekstrim juga berpengaruh pada produktifitas sejumlah komoditas seperti cabai dan bawang merah ini. Pedagang memprediksi, kenaikan harga akan dapat terus terjadi seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat terutama jelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

#beritamadiun

#hargasembako

#sembakomahal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x