Kompas TV regional peristiwa

Satgas Pamtas TNI Temukan 144 Patok Batas RI-Malaysia di Wilayah Timur Kalbar Hilang

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 20:02 WIB
satgas-pamtas-tni-temukan-144-patok-batas-ri-malaysia-di-wilayah-timur-kalbar-hilang
Papen Satgas Pamtas RI Malaysia Letda Shobirin menjelaskan jenis patok perbatasan RI-Malaysia. Miniatur patok perbatasan dibangun di Makotis Satgas Pamtas dan terbuka untuk umum sebagai salah satu spot swa foto. (Sumber: Kompas.com/Ahmad Dzulviqor)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak 144 patok batas negara Republik Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan Barat hilang.

Kasus hilangnya patok batas ini ditemukan oleh Satgas Pengamanan Perbatasan TNI yang berpatroli di perbatasan RI-Malaysia di wilayah Timur, Kalbar sejak 1 Juni 2021 hingga 28 Februari 2022.

Komandan Satgas Pamtas Yonif 144/JY, Letkol Inf Andi Suratman menjelaskan pihaknya mendapat tugas untuk operasi pengamanan Pamtas di tiga kabupaten wilayah Timur Kalbar. 

Baca Juga: Danrem 121/ABW Bereaksi Keras Patok Perbatasan RI Dirusak Perusahaan Sawit Malaysia

Diketahui di tiga kabupaten wilayah Timur Kalimantan Barat terdapat 2.416 patok batas. Dari jumlah tersebut sebanyak 77 patok di antaranya kondisi rusak dan sebanyak 144 patok batas hilang.

Temuan ini juga sudah diinformasikan saat rapat koordinasi dengan Tim Kemenko Polhukam, di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (8/3/2022).

"Berkali-kali kami melakukan patroli memastikan keberadaan patok batas, namun tidak ditemukan dan kami nyatakan 144 patok batas RI-Malaysia hilang, itu sudah kami sampaikan berjenjang kepada pimpinan," ujar Andi, Rabu (9/3/2022), dikutip dari Antara.

Andi menambahkan ada beberapa faktor yang membuat patok batas RI-Malaysia di kawasan timur Kalbar hilang. Semisal faktor alam tanah yang longsor hingga aktivitas perkembunan sawit.  

Baca Juga: Kisah Prajurit TNI-AD Menjaga Patok Perbatasan Indonesia-Malaysia

Di sisi lain, rasa nasionalisme dan patriotisme warga perbatasan menjaga kedaulatan NKRI sangat tinggi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x