Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Peraih SATU Indonesia Astra Awards: Penggagas Kampung Lali Gadget hingga Pengelola Bank Sampah

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 16:37 WIB
peraih-satu-indonesia-astra-awards-penggagas-kampung-lali-gadget-hingga-pengelola-bank-sampah
SATU Indonesia Awards yang digelar PT Astra Internasional Tbk. (Sumber: Dok. Astra )
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Astra Internasional Tbk. memberikan apresiasi kepada generasi muda Indonesia yang berprestasi dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Yaitu melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards.

Penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 Bidang Pendidikan Achmad Irfandi mengatakan, idenya memulai “Kampung Lali Gadget" karena prihatin dengan kondisi anak-anak di lingkungannya di Sidoarjo, Jawa Timur, yang kecanduan gadget atau gawai.

"Cara manusia mengimbangi derasnya arus perkembangan teknologi, adalah dengan mendekatkan diri ke alam, sosial, dan permainan tradisional untuk anak-anak," kata pemuda yang akrab disapa Fandi ini, dalam konferensi pers virtual yang digelar Astra, Rabu (9/3/2022).

"Kenapa mereka enggak main tradisional? Karena tidak ada yang mengenalkan," tambahnya.

Baca Juga: Rayakan HUT Ke-65, Astra Gandeng RAN dan Buat Virtual Movemnet

Ia mengaku mendapatkan tantangan berupa pola pikir masyarakat yang tidak bisa lepas dari gawai dalam kehidupan sehari-hari.

Namun akhirnya ia berhasil mengumpulkan 30-50 anak di lingkungannya, untuk menghidupkan permainan tradisional. Setiap pekan, Kampung Lali Gadget juga menggelar acara main bersama dengan tema berbeda-beda, yang dihadiri anak-anak dari lintas kota dan lintas kabupaten.

Dalam setahun, total ada 6.000 anak yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Ada juga penerima Apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 kategori khusus, yaitu Muhammad Zidny Kafa yang menggagas “Penata Panggung Tanggap Covid-19" dan penerima kategori kelompok, Siti Salamah yang menggagas “Sistem Pengelolaan Sampah Terintegrasi Berbasis Teknologi.”

Baca Juga: Lowongan Kerja Astra Internasional 2022, Ini Kualifikasi dan Cara Daftar Secara Online

Melalui Waste Solution Hub yang dirintis bersama dengan rekan-rekannya, Siti Salamah membangun sistem pengelolaan sampah terintegrasi yang menghubungkan produsen sampah dan bank sampah serta meningkatkan kemandirian sosial para pemulung.

"Setelah mendapat SATU Indonesia Award, kami menjadi lebih bersemangat mengelola sampah. Karena selama pandemi Covid, kami mendapat banyak halangan menjalankan program Waste Hub," ujar Siti Salamah.

"Tahun ini kami juga dapat kesempatan untuk mengelola sampah di Labuan Bajo dan mau melegalkan Waste Hub," lanjutnya.

Sementara, Muhammad Zidny Kafa berhasil menekan angka kasus Covid-19 di Desa Panggungharjo, Bantul, DI Yogyakarta melalui gerakan Panggung Tanggap Covid-19.

Baca Juga: Demi Wujudkan Sekolah Digital, Astra Revitalisasi 3 SMK di Solo!

Gerakan tersebut memitigasi pandemi Covid-19 di daerahnya secara sederhana menggunakan formulir daring. Ia juga menghadirkan solusi masalah ekonomi dan sosial yang muncul akibat pandemi. 

Tahun ini, Astra kembali menggelar SATU Indonesia Awards yang bertepatan dengan 65 Tahun Astra.

“Keberhasilan suatu bangsa tidak terlepas dari andil positif para pemudanya. Kami percaya ada banyak mutiara bangsa yang bekerja keras tanpa pamrih untuk lingkungannya yang dapat diapresiasi melalui 13th SATU Indonesia Awards 2022 ini," tutur Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x