Kompas TV nasional agama

Selain Paus Fransiskus, Menag Yaqut Juga Ingin Datangkan Imam Besar Al-Azhar ke Indonesia

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 13:32 WIB
selain-paus-fransiskus-menag-yaqut-juga-ingin-datangkan-imam-besar-al-azhar-ke-indonesia
Menag Yaqut dalam sebuah acara. Menag Yaqut juga ingin mengundang Paus Fransiskus bersama dengan Imam Besar Al Azhar (Sumber: Youtube/Kemenag RI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak hanya berkeinginan mendatangkan Paus Fransiskus, tetapi juga ingin mengundang Imam Besar Al-Azhar Syeikh Ahmed Al-Tayyeb ke Indonesia.

Keduanya dianggap sosok penting bagi keragaman di Indonesia. Kedatangan kedua tokoh ini, menurut Menag, agar melihat keragaman di Indonesia.

"Selain Paus Fransiskus, saya bersama tim tengah berusaha mengundang Grand Syekh Al-Azhar untuk bisa hadir ke Indonesia," kata Menteri Agama sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian yang diterima di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga: Imam Besar Al-Azhar Minta Pemimpin Dunia Turun Tangan Akhiri Invasi Rusia ke Ukraina

Menag Yaqut lantas mengemukakan, Syeikh Ahmed Al-Tayeb dan Paus Fransiskus merupakan tokoh penting yang terus mengupayakan perdamaian dunia.

Keduanya pada tahun 2019 menandatangani Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian dan Hidup Berdampingan atau Deklarasi Abu Dhabi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dia mengatakan bahwa salah satu poin pokok dalam deklarasi itu mengajak umat manusia untuk hidup bersama dalam semangat persaudaraan dan menjadikan agama sebagai inspirasi.

"Saya ingin mengundang dua tokoh mulia ini hadir ke Indonesia untuk menyaksikan bahwa apa yang pernah dideklarasikan di Abu Dhabi itu sudah lama dilaksanakan di Indonesia, bahkan mungkin sejak Indonesia ini belum berdiri," katanya.

Menag Yaqut lantas menjelaskan, akan jadi kebahagian bagi umat beragama di Indonesia jika kedua tokoh ini datang ke Indonesia. 

"Ini tentu akan menjadi kebahagiaan buat kita semua, dua tokoh agama besar di dunia bisa bertemu di Indonesia yang dikenal memiliki keragaman, baik keragaman agama, budaya, suku, etnis, dan lain sebagainya," ujar dia. 

Sebelumnya, Menag Yaqut Cholil Qoumas berkeinginan mengundang pemimpin umat katolik, Paus Fransiskus, untuk datang dan mengunjungi Indonesia, melihat keragaman Indonesia, sekaligus menyapa warga dan umat Katolik yang berada di negeri ini.

Hal itu diungkapkan Menag Yaqut dalam Pertemuan Nasional Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di Nusa Dua, Denpasar, Bali, Senin (7/3/2022). 

Baca Juga: Menag Yaqut Ingin Datangkan Paus Fransiskus, Sapa Umat Katolik di Indonesia

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.