Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Hujan Es Meningkatkan Imunitas | News Or Hoax

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 09:15 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beberapa waktu lalu, wilayah di Indonesia seperti Surabaya, Magetan, Semarang, hingga Lampung dilanda hujan es. Bmkg menjelaskan bahwa fenomena hujan es yang beberapa waktu terjadi merupakan hal yang biasa. Sebuah informasi mengenai hujan es sempat beredar di kalangan masyarakat.

Informasi tersebut menyatakan bahwa mengonsumsi hujan es bisa meningkatkan imunitas. Namun, setelah dicek kebenarannya, informasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Dokter sekaligus direktur rumah sakit umum PKU Muhammadiyah prambanan, Dien kalbu ady, menyatakan, hujan es memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dengan hujan biasa. Hanya berbeda wujudnya saja.

Menurutnya, ada beberapa risiko yang ditimbulkan oleh polutan tersebut. Di antaranya polutan karbon monoksida yang dapat mengakibatkan kerusakan pada otot jantung dan susunan saraf pusat. Lalu, polutan nitrogen dioksida, yang dapat menyebabkan kerusakan di organ paru-paru. Selanjutnya, ada polutan sulfur dioksida, yang dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan dan bersifat karsinogenik atau pemici kangker.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x