Kompas TV internasional kompas dunia

Masjid Dibom Jelang Salat Jumat di Pakistan, Sedikitnya 45 Jemaah Tewas

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 19:22 WIB
masjid-dibom-jelang-salat-jumat-di-pakistan-sedikitnya-45-jemaah-tewas
Sejumlah orang tampak memeriksa lokasi ledakan bom di sebuah masjid di Peshawar, Pakistan, Jumat (4/3/2022). Ledakan bom yang diduga merupakan bom bunuh diri itu menewaskan sedikitnya 45 jemaah dan melukai sekitar 65 orang lainnya. (Sumber: AP Photo/Muhammad Sajjad)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

PESHAWAR, KOMPAS.TV – Sebuah bom meledak di dalam masjid Syiah di Peshawar, kota di sebelah barat laut Pakistan, Jumat (4/3/2022).

Ledakan bom yang diduga merupakan serangan bom bunuh diri itu menewaskan lebih dari 45 jemaah dan melukai sekitar 65 orang lainnya. Beberapa bahkan terluka parah.

Ledakan bom itu terjadi saat para jemaah telah berkumpul di Masjid Kucha Risaldar di kota tua Peshawar untuk menunaikan salat Jumat.

Menurut kepala polisi Peshawar Muhammed Ejaz Khan, insiden itu dimulai saat dua orang menembaki polisi di luar masjid.

Baca Juga: Taliban Akan Rekrut Pasukan Bom Bunuh Diri, Digunakan untuk Hadapi Ancaman ISIS

Seorang penyerang dan seorang polisi tewas dalam baku tembak itu, sementara seorang polisi lainnya terluka.

Seorang penyerang lainnya lalu masuk ke dalam masjid dan meledakkan bom.

Salah seorang saksi mata, Shayan Haider, mengaku tengah bersiap masuk ke masjid saat ledakan kuat itu terjadi hingga dirinya terlempar ke jalan.

“Saat saya membuka mata, debu dan mayat tampak bergelimpangan di mana-mana,” ujarnya, dikutip dari Al Jazeera, Jumat (4/3).

“Saya melihat seorang pria menembaki dua orang polisi sebelum kemudian ia masuk ke masjid. Beberapa detik kemudian saya mendengar ledakan dahsyat,” kata Zahid Khan, seorang saksi mata lainnya.



Sumber : Associated Press/Al Jazeera

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.