Kompas TV video sinau

Kenapa Biji Jagung Bisa Meletup Jadi Popcorn? Ini Rahasianya

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 08:00 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV - Popcorn jadi salah satu camilan yang identik dinikmati saat menonton film di bioskop. Makanan ini digemari karena rasanya yang gurih atau manis dengan tekstur yang empuk. 

Jika diperhatikan, bahan utama popcorn terbuat dari biji jagung yang keras. Namun dalam proses pengolahannya, apa yang terjadi di balik meletupnya biji jagung menjadi popcorn?

Biji jagung memiliki kulit luar yang keras, namun di bagian dalamnya terdapat setetes air yang akan bereaksi dan menguap ketika terkena panas.

Saat biji jagung terkena panas dengan suhu mencapai 450 derajat Fahrenheit, terjadilah penguapan yang membuat kantung air tersebut terus membesar.

Lama kelamaan, kantung air akan meletup dan berbunyi ‘pop!’. Menurut Livescience, bunyi ini dihasilkan oleh uap air yang berhasil dilepaskan kantung air saat bereaksi dengan panas.

Dalam prosesnya, hanya perlu waktu beberapa menit untuk biji jagung berubah menjadi popcorn yang volumenya bisa 35 kali lebih besar.

Jenis jagung yang sering digunakan sebagai popcorn adalah Zea mays everta, karena memiliki kantung air yang dikelilingi oleh zat pati atau bagian berwarna putih pada popcorn

Menariknya, bagian dalam biji jagung yang empuk yang menembus kulit luar jagung bisa menyebabkan popcorn yang sedang meletup dapat terlempar hingga 1 sentimeter.

Namun, biji jagung juga bisa jadi tidak meletup saat dipanaskan. Hal ini dapat terjadi jika kulit biji jagung rusak atau memiliki kadar air yang rendah.

Selain itu, panas yang tidak tepat juga dapat menyebabkan biji jagung gagal meletup menjadi popcorn saat diolah.

(*)

Baca Juga: Boleh Dicoba, Ini Cara Buat Bioskop Sendiri di Rumah

Video Editor & Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x