Kompas TV religi beranda islami

Sore Nanti Memasuki Bulan Syaban 1443 H, Berikut 3 Keistimewaanya

Kompas.tv - 3 Maret 2022, 09:04 WIB
sore-nanti-memasuki-bulan-syaban-1443-h-berikut-3-keistimewaanya
Ilustras bulan suci umat Islam. Bulan Syaban di depan mata, artinya begini dalam Islam (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Sya’ban 1443 Hijriah jatuh pada sore nanti, usai Magrib pada hari Kamis malam Jumat tanggal 3 Maret 2022. Hal ini berdasarkan hitungan kalender Islam hijriah yang berdasarkan pada peredaran bulan (lunar).

Bulan Sya'ban adalah bulan istimewa Umat Islam. Bulan Sya'ban berada di pertengahan antara bulan Rajab yang di dalamnya terdapat Peristwa Isra Miraj dan bulan suci umat Islam Ramadan.

Sya’ban secara bahasa yaitu bulan peralihan. Imam Ghazali mengartikan bahwa Sya’ban adalah jalan ke gunung (penantian) dan jalan kebaikan. 

Hal ini memberikan isyarat bahwa ketika kita masuk bulan Sya’ban maka memerlukan niat dan persiapan ruhani dengan kesungguhan untuk memperbaiki diri. 

Rasulullah bersabda, “Apabila bulan Sya’ban datang maka bersihkan diri kalian dari dosa-dosa kecil dan perbaikilah niat kalian pada bulan tersebut” 

Berikut ini merupakan tiga keistimewaan bulan Sya'ban. 

Baca Juga: Bacaan Doa Nabi Muhammad di Bulan Rajab, Mohon Keberkahan hingga Bertemu Ramadhan

Bulan Rajab adalah Penanda Bulan Ramadan

Saat bulan Sya’ban datang, maka bisa dipastikan maka Ramadan sudah di depan mata. Bulan Sya’ban ini sekaligus tanda, persiapan bagi umat Islam untuk mempersiapkan diri menyambut bulan suci umat Islam tersebut.

Pada bulan ini juga, dianjurkan bagi yang memiliki Qadha terkait puasa, maka segera dilunaskan sebelum masuk bulan Ramadan tiba.

Berpindahnya Kiblat dari Baitul Maqdis ke Masjidl Haram

Salah satu peristiwa bersejarah di bulan ini adalah turunnya perintah perpindahan kiblat umat Islam. Peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab. 

Allah berfirman tentang peristiwa perpindahan ini dalam surat Al-Baqarah ayat 144.

“Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu.(al-Baqarah ayat 144)

Malam Nisfu Sya’ban

Satu hal istimewa di bulan ini, umat islam mengenalnya dengan istilah malam Nisfu Sya'ban. Ini adalah malam ketika diangkatnya amal-amal kita, baik dan buruk, ke langit. 

Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak zikir, doa dan istigfar di bulan Sya'ban ini. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x