Kompas TV regional peristiwa

BNPB: 16 Desa di Pandeglang Banten Terendam Banjir, 1.165 Rumah Terdampak

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 12:26 WIB
bnpb-16-desa-di-pandeglang-banten-terendam-banjir-1-165-rumah-terdampak
Salah satu titik banjir di Labuan, Pandeglang, Selasa (1/3/2022) (Sumber: Tangkapan layar Twitter Polres Pandeglang)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir masih menggenangi 16 desa di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Banjir diketahui terjadi pasca-hujan dengan intensitas tinggi di wilayah tersebut, Senin (28/2/2022) awal pekan ini.

Menurut Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari ketinggian air saat banjir sangat bervariasi mulai 50 hingga 150 meter.

"Merujuk pada laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, tercatat 16 desa terdampak banjir dengan ketinggian muka air bervariasi antara 50 hingga 150 sentimeter," kata Abdul Muhari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (2/3).

Dalam catatan BNPB, 16 desa yang terdampak meliputi Desa Kalanganyar dan Desa Teluk, Kecamatan Labuan, Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Desa Taruma Nagara, Desa Banyuasih dan Desa Sinarjaya, Kecamatan Cigeulis.

Lalu, Desa Margagiri dan Desa Bulagor, Kecamatan Pagelaran, Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Desa Ciherang, Kecamatan Picung, Desa Kubangkondang dan Desa Cibarani, Kecamatan Cisata.

Selain itu, Desa Surianeun dan Desa Cimoyan, Kecamatan Patia, Desa Cirata, Kecamatan Carita, dan Desa Kanduengang, Kecamatan Cadasari.

Baca Juga: Ribuan Orang Mengungsi, Pemkot Serang Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Lima Hari

Dari laporan tersebut, Abdul menjelaskan hingga Selasa (1/3) malam terjadi penurunan debit air yang menggenangi rumah warga di beberapa lokasi.

"Berdasarkan pendataan sementara terdapat 1.165 KK dan rumahnya terdampak banjir tersebut. Sebagian warga terdampak mengungsi di posko pengungsian yang telah disiapkan oleh BPBD," kata dia.

Dalam rangka penanganan bencana, BPBD dan tim gabungan terus melakukan evakuasi, kaji cepat dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar penanganan dapat dilakukan dengan baik.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang untuk wilayah Kabupaten Pandeglang pada hari ini (2/3) dan Kamis (3/3) besok.

Tak hanya itu, hujan juga diprediksi turun dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Provinsi Banten.

Menyikapi masih adanya potensi hujan intensitas sedang hingga tinggi tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar tetap waspada khususnya jika terjadi hujan intensitas tinggi dengan durasi panjang atau lebih dari satu jam.

Abdul mengimbau pada masyarakat di sekitar lereng tebing agar mewaspadai potensi gerakan tanah, dan masyarakat di sepanjang aliran sungai agar mewaspadai kenaikan debit air yang berpotensi menyebabkan banjir.

Baca Juga: Ratusan Rumah Warga di Pandeglang Terendam Banjir dengan Ketinggian Air Hingga 2 Meter!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.