Kompas TV regional berita daerah

Palebon (Ngaben) Istri Raja Peliatan Ubud

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 11:17 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

GIANYAR, KOMPAS TV - Puluhan ribu warga antarkan  mendiang istri raja Peliatan, Ubud, Ida Dwagung Peliatan ke IX, Anak Agung Susmini  menuju Setra Dalem Puri.

Bade setinggi 24 meter dengan tumpang sembilan inilah, jenazah almarhum ditempatkan dengan iring-iringan gambelan. Perjalanan dari Puri Peliatan menuju kuburan memakan waktu yang cukup lama terlebih wadah atau bade ini tergolong cukup berat. Selain warga desa, untuk mengangkat wadah ini juga dibantu anggota Denzipur Gianyar, hingga ke kuburan.

Tidak hanya wadah setinggi 24 meter, sebelum diprelina atau dibakar, jazad almarhun juga ditempatkan  dalam petulangan lembu putih dengan panjang 6 meter setinggi 3,5 meter. Tjokorda Gde Putra Nindya, penglingsir Puri Peliatan menjelaskan, sejatinya rangkaian upacara sudah dilakukan sejak sebulan. Almarhumah meninggal pada Desember 2021 lalu di usia ke 83.

Prosesi inipun menjadi perhatian wisatawan yang sedang berada di wilayah Ubud.

Setelah pembakaran jenazah, ritual nganyut menuju ke laut dilakukan. Puluhan ribu warga mengikuti upacara dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

 

 

 

#ngaben #puripeliatan #ubud

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.