Kompas TV feature food story

Kuliner Raja Solo (3)

Kompas.tv - 28 Mei 2018, 18:30 WIB
Penulis : Edika ipelona

Memiliki pesona yang luar biasa, Solo menyimpan beragam menu menu bersejarah. Antara lain hidangan favorit raja Mangkunegoro.

Ditemani salah satu putri Keraton, Food Story kali ini  akan membahas menu istimewa  langsung dari dapur Keraton. Benoe akan ikut masak menu yang cukup fenomenal, kesukaan raja Mangkunegoro ke-4 bernama Podeng Tape.

Dikenal juga dengan sebutan Manuk Nom, menu sederhana ini memiliki citarasa yang nikmat. Berbahan dasar tape ketan yang dicampur dengan susu, telur dan gula pasir. Hidangan ini sangat cocok dinikmati dalam segala suasana .

Menu Keraton lain yang memiliki filisofi tersendiri bagi masyarakat Solo adalah Jenang. Tak hanya sekedar berfungsi sebagai makan pelengkap, dalam tradisi Jawa penganan yang lengket ini biasa dihadirkan dalam tahap-tahap kehidupan. Misalnya Jenang Procotan yang disajikan saat selamatan ibu hamil. Jenang ini dibagikan kepada sanak saudara dan tetangga sekitar tujuannya supaya semua ikut serta mendoakan agar diberikan kelancaran dalam melahirkan.

Benoe juga akan mengajak Food lovers untuk mengunjungi salah satu restoran Omah Sinten. Restoran ini menyajikan menu-menu ala Keraton yang tak ada di tempat lain, seperti Sego Golong dan Garang Asem Bumbung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x